Mako Lanal Tbk Kreatif, Panen Perdana Sorgum Sebagai Pangan Alternatif

Danlanal Tbk, Letkol Laut (P) Joko Sentosa melakukan panen perdana sorgum. Tanaman pangan sebagai pengganti beras.(Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran Mako Lanal Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau memanen hasil sorgum (jagung gembal), Selasa (6/2/2023).

Panen perdana yang dipusatkan pada komplek kebun Wono Tirto, komplek TNI Angkatan Laut, Jalan Kampung Melayu, Bukit Senang, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, dipimpin langsung oleh Danlanal Tbk, Letkol Laut (P) Joko Santosa, diikuti oleh anggota Jalasenastri.

Tanaman sorgum sendiri merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan dan pakan ternak maupun bahan baku industri lainnya.

PKP EXPO

Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah jelai, gandum, jagung, dan padi. Sehingga di lahan seluas 1 hektar tersebut sangat berpotensi untuk dilakukan pengembangan.

“Sorgum mampu menjadi percontohan alternatif pangan sehat pengganti beras. Mengingat tanaman tersebut memiliki ketahanan di atas rata-rata dibandingkan tanaman pangan lainnya dengan kondisi lahan yang kering,” terang Joko.

Danlanal menambahkan, panen perdana sorgum dilaksanakan setelah penanaman selama 3 bulan bercocok tanam.

“Hasil panen perdana sebagai jerih payah prajurit Lanal Tbk, sekaligus mensukseskan program pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan program katahanan pangan,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, kata Danlanal selain tanaman sorgum, di lahan kebun Wono Tirto, juga ditanami pelbagai jenis tanaman sayuran, diantaranya pakcoy, selada dan sawi dengan sistem hydoponik.

“Nantinya, hasil dari panen seperti jagung dan cabe rawit serta budidaya kolam ikan lele akan dibagikan kepada keluarga besar Lanal Tbk dan warga sekitar komplek,” paparnya.

Lebih dalam, Danlanal menjelaskan bahwa, dengan memanfaatkan lahan yang ada, seluruh prajurit telah berusaha menjadikan tanah kosong milik warga sekitar yang tidak dimanfaatkan (lahan tidur).

“Untuk diberdayakan sebgai lahan pertanian, sehingga lokasi tersebut dapat menghasilkan pelbagai tanaman sayuran konsumsi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG