Tak Jera, Residivis Curanmor di Sekupang Ditangkap Polisi

Kapolsek Sekupang Kompol Z.A.C Tamba merilis pelaku curanmor inisial MA (belakang dua dari kiri) serta mengamankan pelaku curanmor lainnya berinisial TLP, AS, HW, dan RNH, Kamis (23/2/2023). MA mengaku telah melakukan pencurian di 9 TKP di Batam. (Foto: Dok Polresta Barelang)
HARRIS BARELANG

SEKUPANG – Polisi berhasil menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pelaku inisial MA merupakan residivis curanmor yang sudah beraksi di 9 TKP di wilayah Batam. Keluar masuk penjara empat kali seolah tak memberi efek jera baginya untuk bertaubat.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto melalui Kapolsek Sekupang Kompol Z.A.C Tamba saat merilis pelaku curanmor mengatakan, polisi tidak hanya menagkap pelaku MA, namun turut mengamankan pelaku curanmor berinisial TLP, AS, HW, dan RNH.

“Benar, MA berhasil ditangkap dan merupakan residivis empat kali keluar masuk penjara dengan kasus yang sama (curanmor_red), dan baru keluar penjara pada September 2022 lalu,” ujar Kompol Tamba, Kamis (23/2/2023).

Dia menyebutkan, tertangkapnya MA dan pelaku curanmor lainnya, berawal saat Unit Reskrim Polsek Sekupang mengamankan pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) di Tiban BTN, Sekupang Kota Batam pada Minggu (22/1/2023). Polisi melakukan pengembangan hingga menemukan kunci leter Y yang telah diruncingkan.

“Dari pengakuan pelaku, kunci leter Y tersebut milik teman MA yang juga ikut bersama pelaku melakukan pencuriaan yang melarikan diri pada saat dilakukan penangkapan,” jelas Kapolsek Sekupang.

Unit reskrim Polsek Sekupang bergerak cepat, Senin (20/2/20230 polisi mendapatkan Informasi tentang keberadaan Pelaku MA yang berada di seputaran Perum PJB Kec. Sagulung Kota Batam. MA berhasil diamankan dengan barang bukti satu unit sepeda motor yang ia gunakan.

“Saat kami tangkap, MA berusaha melawan sehingga kami lumpuhkan dengan tembakan terukur pada kaki,” ungkap Kapolsek Tamba.

Hasil interogasi, pelaku MA mengakui telah melakukan pencurian di 9 TKP yg berbeda di wilayah hukum Sekupang dan Batam Kota. Polisi juga menemukan satu unit sepeda Motor di tempat penyimpanan pelaku, sedangkan untuk unit lainnya pengakuan pelaku telah dijual.

“Terhadap pelaku dan barang bukti saat ini telah diamankan di Polsek Sekupang guna proses lebih lanjut,” kata Kapolsek Sekupang.

Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Ridho Lubis dan Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba mengatakan, para pelaku melakukan aksinya dengan cara mencongkel menggunakan kunci Y dan mematahkan stang motor korban.

“Pelaku sudah melakukan aksinya di 9 TKP di wilayah Sekupang dan Batam Kota dengan cara berpatroli, apabila ada kesempatan langsung melakukan aksinya,” tutur Kapolsek Sekupang.

Terungkapnya kasus curanmor ini Kapolsek Tamba juga mengimbau masyarakat Batam Khususnya di wilayah Sekupang untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan kendaraannya masing-masing.

“Bagi masyarakat yang memiliki kendaraan parkirkan kendaraannya dengan aman untuk mengantisipasi adanya niat tindak pidana curanmor bila perlu di kunci ganda,” ajak Kapolsek.

Atas kejadian tersebut pelaku di jerat dengan Pasal 363 Ayat (1) ke 4e dan 5e KUHP dengan ancaman hukuman selama 7 Tahun Penjara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG