Bentuk Kebersamaan di Bulan Ramadhan, Guru dan Murid SD O3 Kinali Bersihkan Masjid Raya Kapundung



SUMBAR-Sebagai bentuk kebersamaan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, sejumlah guru dan para siswa- siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, semangat melaksanakan bakti sosial gotong royong di Masjid Raya Kapundung Kecamatan Kinali.

Akibat dari keadaan masjid tidak bisa digunakan karena adanya luapan air hujan, dikarenakan proses pembangunan, sehingga meluap dari atas plafon masjid pada Rabu (29/3/2023) malam.

Kepada media Wartakepr.co.id, Heru Putra, Guru SDN 03 Kinali mengatakan Guru dan siswa-siswi inisiatif gotong royong membersihkan Masjid Raya Kapundung, Pasalnya Masjid ini digunakan sebagai sarana tempat pelaksanaan pesantren Ramadhan bagi SDN 03 Kinali.

”Alhamdulilah kegiatan pesantren Ramadhan hari ini tidak terganggu tetap dilaksanakan, namun dengan gotong royong bersama di Masjid, tadi pagi pas sampai masjid terlihat genangan air cukup banyak di lantai, maka kesepakatan bersama hari ini membersihkan masjid,”ujar Heru.

Menurut Heru, meskipun tidak terlaksana pesantren Ramadhan karena keadaan, namun anak-anak tetap antusias hadir untuk membantu membersihkan masjid yang mana juga digunakan masyarakat untuk melaksanakan shalat tarawih malam hari.

“Sebagai bentuk kepedulian bersama, meski bulan puasa, anak-anak kita tetap semangat membersihkan air yang ada dilantai masjid akibat hujan, nah selanjutnya setelah selesai gotong royong anak-anak diarahkan kembali menuju sekolah,”jelas Heru.

Untuk itu, Heru berharap siswa-siswi memahami arti saling tolong menolong, salah satunya dengan gotong royong membersihkan masjid ini juga merupakan sudah bentuk kerjasama. Tidak melakukan dengan sendiri, ini yang perlu ditanamkan untuk kedepannya.

“Apalagi masjid juga adalah tempat ibadah umat muslim, satu sisi nilai pahala juga bisa didapatkan. Maka dari itu kegiatan gotong royong kali ini sangat bermanfaat,”tutupnya.(*)

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News