Faktor Pengaruh Wanita Indonesia Menikahi WNA

Inas Wafa Shabira
Inas Wafa Shabira


Apa yang menjadi faktor pengaruh wanita Indonesia menikahi pria WNA dalam memperbaiki keadaan sosialnya?

Manusia adalah mahluk sosial yang sudah semestinya memiliki kebutuhan hidup yang beragam dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia selalu berhubungan dengan manusia lain dalam hal membangun kepentingannya.

Menikah adalah salah satu kebutuhan manusia. Menikah merupakan hal yang penting didalam kehidupan manusia. Menikah juga berarti suatu ikatan lahir batin dari seorang pria dan wanita untuk menjadi sepasang suami istri dalam tujuan membangun keluarga atau rumah tangga.

Masa kini, menikah dengan warga asing menjadi tren bagi masyarakat Indonesia khususnya para wanita. Menikah dengan warga negara asing dinilai sebagai suatu keunikan dan juga bisa membawa perubahan bagi mereka. Mulai dari segi keturunan hingga segi keadaan sosial.

Melihat minat wanita Indonesia dalam melangsungkan pernikahan dengan pria warga negara asing yang tinggi tentu menjadi pertanyaan. Apa yang menjadi faktor pengaruh bagi wanita Indonesia yang menikahi warga asing?

Apakah adanya faktor ekonomi sehingga dapat memperbaiki keadaan sosialnya?

Adanya efek globalisasi yang telah meningkatkan mobilitas manusia dengan jalur migrasi dari satu negara ke negeri lainnya yang menimbulkan maraknya perkawinan atau pernikahan campuran.

Hal ini sering terjadi oleh wanita Indonesia yang memilih tidak melanjutkan pendidikannya melainkan memilih untuk memiliki keluarga dan memenuhi kebutuhannya.

Faktor yang paling berpengaruh terhadap yakni ekonomi, tentu keadaan ekonomi sangat berhubungan dengan status sosial. Sebagian wanita Indonesia melirik bahwa pria warga negara asing memiliki perekonomian yang jauh lebih baik dibandingkan masyarakat Indonesia.

Melihat negara-negara diluar sana sudah memadai dan maju membuat mereka semakin yakin melakukan hal tersebut.
Sebagian besar wanita yang sudah menikah dengan warga asing, merasakan hal tersebut.

Keadaan sosialnya semakin membaik daripada sebelumnya. Hal ini dirasakan oleh wanita Indonesia yang dahulu perekonomiannya buruk seperti tinggal di kampung dan akhirnya menikah dengan pria warga negara asing membuat kehidupannya berubah dari segi lifestyle dan juga materi yang dimiliki.

Ekonomi menjadi faktor pengaruh yang paling terlihat dalam fenomena ini, ada yang menjadikannya proses ini sebagai sumber kebutuhan hidup dan ada juga yang menjadikannya ini sebagai bentuk keseriusan dalam berkomitmen.

Pada akhirnya fenomena ini dikatakan cukup banyak terjadi ditambah adanya eksistensi wanita Indonesia yang menikah dengan pria WNA membagikan kehidupan sehari-harinya di media.

Dengan itu, wanita Indonesia sekarang cenderung memilih menikah dengan pria warga negara asing demi memenuhi kehidupannya dan dinilai membawa dampak ekonomi yang lebih baik untuk kedepannya.

Penulis: Inas Wafa Shabira
Asal Kampus : FISIP Universitas Brawijaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News