Indosat Ooredoo Hutchison Menjawab Mimpi Layanan Internet Cepat di Pelosok Desa Indonesia

56 Tahun Indosat Ooredoo Hutchison, Semangat
President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha melakukan swafoto bersama karyawan saat merayakan HUT IOH ke 56 di Jakarta, Senin (20/11).


TANPA disadari oleh masyarakat Indonesia, ternyata PT Indosat yang kini menjadi nama Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah berusia 56 tahun di Tahun 2023. Dikutip dari berbagai website, sejarah perusahan Telekomunikasi dengan nama pertama PT Indosat Satellite Corporation Tbk (Indosat) didirikan pada tahun 1967 sebagai suatu badan usaha asing yang menyediakan layanan telekomunikasi Internasional di Indonesia. PT Indosat ini mulai beroperasi pada tahun 1969 yang ditandai dengan diresmikannya stasiun bumi Jatiluhur.

Memasuki abad ke-21 dan untuk mengikuti perkembangan globalisasi, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menghapus peraturan pembatasan sektor telekomunikasi nasional dan membukanya ke kompetisi pasar bebas. Indosat tahun 2001 juga mengembangkan teknologi seluler dan mengenalkan produk kartu Prabayar Mentari dilanjutkan IM3 dan tercata sebagai operator sellular terbesar kedua di Indonesia.

Pada akhir tahun 2002 pemerintah Indonesia menyetujui penjualan 41,94% sahamnya ke Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd melalui The Holding Company of Indonesia Communication Limited. Dengan investasi ini, PT Indosat yang kembali menjadi badan usaha asing yang menawarkan solusi layanan dan jaringan di bidang informasi dan komunikasi yang terintegrasi dan berkembang penuh. Sejak itu, pengembangan Seluler Indosat terus menunjukan persaingannya dengan operator seluler plat merah Indonesia.

Setelah hampir 10 tahun menjadi operator dengan jumlah pelanggan puluhan juta, Indosat pada tahun 2011 menurut laporan stabilitas.id berhasil bukukan pendapatan 10 Triliun. Harry Sasongko yang waktu itu menjabat President Director and CEO Indosat pada tahun 2011 menyampaikan transformasi bisnis Indosat untuk menjadi penyedia layanan informasi dan komunikasi memasuki tahap yang baru.

Dan, perjalanan tahan baru itu dimulainya marger sejumlah perusahaan asing yang membuat pemegang saham utama Indosat dari Qtel menjadi Ooredoo sejak Februari 2013. Lalu, pada tanggal 19 November 2015, Indosat berganti nama dagang menjadi Indosat Ooredoo.

Kepemilikan dan saham Indosat pun kembali berubah setelah terjadi merger 4 Januari 2022 antara Indosat Ooredoo dengan perusahaan Hucthison Asia Pte. Ltd dengan sosok besar Vikram Sinha, selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Dalam genggaman Vikram Sinha tercatat kinerja keuangan pada September 2023, Indosat Indosat Ooredoo Hutchison membukukan total pendapatan sebesar Rp37,4 triliun.

Terjadui meningkat 8,5 Persen Year On Year ( YoY) , didorong oleh beragam lini bisnis mulai dari Selular, MIDI, dan Fixed Telecom. Kombinasi dari pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya, berdampak pada peningkatan EBITDA sebesar 24,0 Persen YoY menjadi Rp17,4 triliun.

Adapun Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp2,7 triliun. Lewat capaian ini, Indosat mencatat rekor baru dengan membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

Vikram Sinha mengaku bangga dapat mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang kuat selama 9B23, termasuk membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

“Kinerja kami didorong oleh komitmen menjadi yang terbaik, strategi Go-to-Market yang terencana, serta fokus tak tergoyahkan untuk memberikan marvelous experience bagi pelanggan. Skala dan kinerja ini memungkinkan kami untuk menggapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa,” kata Vikram Sinha, pada 1 November 2023 ke media.

Untuk menjaga keberlangsungan Indosat yang lebih dekat dengan masyarakat dan anak muda di Indonesia, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia menggelar IDCamp X KADIN 2023 pada bulan Mar 2023.

IDCamp (Indosat Ooredoo Hutchison Digital Camp) adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programmer Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital yang telah ada sukses sejak tahun 2019.

IDcamp Tahun 2023 berhasil menjaring dan diberikan beasiswa untuk 300 anak muda di Solo, Makkasar dan Medan untuk mengikuti pelatihhan program coding gratis dan selanjutnya beasiswa lanjutannya. Sasaran penerima beasiswa akan mampu menciptakan aplikasi dibidang UMKM, Pertanian dan Perikanan.

Tahun 2023 Semangat “menembu56atasan”

Sejarah panjang Indosat yan naik turun berbisnis di Indonesia, dan seperti penjelasan diatas, menunjukan Indonesia masih menjadi pangsa pasar telekomunikasi yang menguntungkan. Terbukti kado ulang tahun Indosat Ooredoo Hutchison dengan mencatat total pendapatan Rp 37.4 Triliun.

Wajar, pada 20 November 2023, Indosat Ooredoo Hutchison merayakan usia ke-56 tahunnya mengakat tema “menembu56atasan”. Makna ulang tahun sebagai bagian tak terpisahkan dari perkembangan teknologi telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia.

Lewat semangat ‘menembu56atasan’ atau menembus batas, Indosat bergerak terus untuk mempercepat transformasi digital bangsa lewat kemajuan teknologi, infrastruktur telekomunikasi, sumber daya manusia, dan keberlanjutan.

Vikram Sinha mengatakan peringatan ulang tahun ke-56 Indosat Ooredoo Hutchison menandai babak baru perjalanan tanpa henti kami dalam memajukan teknologi dan telekomunikasi di Indonesia.

Komitmen Indosat untuk terus memberikan pelayanan kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, kami bertekad untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling di pilih di Indonesia dan membawa nama Indonesia di tingkat global.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha bersama seluruh jajaran Direksi dan Chief saat perayaan HUT IOH ke 56 di Jakarta, Senin (20/11)

Kemampuan Teknologi 2023

Secara teknologi, Indosat selama 56 tahun dalam memberdayakan Indonesia mencakup pencapaian penting dalam setahun terakhir, seperti keberhasilan Indosat dalam memperluas jaringannya yang telah 100% terintegrasi ke pelosok pedesaan menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

Dalam inisiatif yang selesai sesuai target satu tahun2023, pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik didukung jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming. Indosat juga terus mengurangi kesenjangan akses digital dengan fokus perluasan jaringan di wilayah timur Indonesia.

Saat ini, jaringan Indosat telah menjangkau 88% populasi di wilayah Nusa Tenggara Barat dan 86% populasi di wilayah Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Indosat mendorong kolaborasi dan ko-kreasi melalui peluncuran Indosat Marvelous Xperience Center (Indosat MX Center) yang menghadirkan berbagai inovasi dengan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), dan Internet of Things (IoT).

Lebih lanjut, Indosat memperlihatkan komitmennya dalam mengatasi kesenjangan talenta digital melalui kerja sama bersama Cisco Networking Academy yang akan melatih 50 ribu peserta IDCamp angkatan pertama hingga 200 ribu orang yang tinggal di daerah terpencil dalam tiga tahun mendatang, termasuk sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, universitas, dan organisasi non-profit.

Dalam hal lingkungan yang keberlanjutan, Indosat bersama GSMA menginisiasi pelatihan pemetaan wilayah laut dan pesisir menggunakan aplikasi Qfield untuk menyediakan Open-source & Geospatial Mapping di wilayah pesisir dan laut Kalimantan Utara.

Selain itu, Indosat memberikan solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) kepada para petambak udang lokal untuk memantau kadar air dalam tambak, yang bertujuan meningkatkan produktivitas. Tindakan ini juga mencakup program Employee Carbon Offset (ECO) yang melibatkan penanaman 5.600 pohon mangrove di wilayah Bulu Cindea, Makassar, Sulawesi Selatan.

Hadiah Ultah ke-56 untuk Pelanggan

Khusus untuk pelanggan setia IM3, beragam penawaran menarik untuk menyemarakkan hari jadi Indosat ke-56. Pelanggan dapat menikmati paket Freedom Internet 100GB dan Freedom Internet 150GB dengan harga spesial Rp160.000 dan Rp200.000 untuk 30 hari periode 18 hingga 27 November 2023.

Pembelian Kartu Perdana IM3 secara online di im3.id/shop bisa mendapatkan diskon 20% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. IM3 juga menghadirkan promo IMpoin dengan menukarkan 56 poin untuk berbagai reward lifestyle, Hot Promo Spesial Anniversary, dan kesempatan memenangkan hadiah menarik seperti kuota hingga 56.000GB, saldo e-wallet hingga Rp21 juta dan iPhone 15 dengan berlangganan konten digital. Untuk pelanggan IM3 Postpaid, diskon 56% ditawarkan untuk produk Prime 100 selama 12 bulan.

IM3 juga telah menyelesaikan pembaruan 105 Gerai IM3 yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengusung konsep layanan Fast, Simple, & Flexible untuk menghadirkan perangkat, sistem baru, dan solusi yang lebih cepat melalui pelayanan digital kepada pelanggan setia IM3. Untuk info lebih lanjut http://im3.id/promoultah

Sementara itu, Tri menawarkan empat promo spesial ulang tahun yaitu Happy Deals 100GB 30hari dengan potongan 65.000 menjadi seharga 140.000 mulai periode 17-21 November 2023. Lalu Promo Kilat Spesial 56th Indosat berupa paket data 65GB 30hari seharga 100.000 mulai periode 14-23 November 2023.

Ada juga promo BonsTri hanya dengan redeem 56 poin BonsTri pengguna Tri bisa mendapatkan voucher Coca-Cola yang bisa didapatkan di Alfamart terdekat mulai tanggal 20-21 November 2023.

Tak hanya itu, pengguna Tri juga bisa mendapatkan total kuota hingga 56.000GB cukup dengan subscribe produk layanan digital Tri selama periode 1-30 November 2023. Untuk info lebih lanjut http://tri.co.id/PromoUltahIOH56

Untuk layanan FTTH, Indosat melalui brand Indosat HiFi meluncurkan program baru di momen ulang tahun yaitu bundling dengan layanan Catchplay+ Lite khusus untuk pelanggan 100 Mbps ke atas.

Melalui program ini, pelanggan bisa langsung bisa menikmati konten premium , seperti film blockbuster Hollywood, film independen dan serial drama favorit.

Bagi pelanggan baru, Indosat HiFi memiliki program Advance Payment, di mana pelanggan mendapatkan gratis biaya langganan selama 2 bulan dengan membayar biaya berlangganan selama 10 bulan, atau gratis 1 bulan dengan membayar 5 bulan di muka.

Tentulah, dengan pengalaman melayani pelanggan dari waktu ke waktu hingga usia 56 tahun, ditambah teknologi yang bersaing dengan perusahaan seluler lain di Indonesia, target Vikram Sinha akan ‘Menembus Batasan’, pada tahun 2023 diyakini akan tembus lebih jauh lagi dan akan terus cetak sejarah baru.

Komitmen Indosat yang terus memberikan pengalaman digital kelas dunia lewat penawaran produk seluler pengguna usia sekolah dan remaja, akan menjadi pelanggan setiap hingga usia dewasa.

Terbukti, pelajar SMP di Batam lebih paling suka menggunakan kartu Tri dengan paket Data Internet yang cukup ber Giga-Giga hingga puas main game bersama di hari libur.

” Dari 6 orang teman se kelas, empat pakai Tri, kata mereka paket Giganya banyak,” terang Khazura pelajar SMP Negeri 42 Batam.

Jika saja pengalaman sebagian kecil anak palajar di Kota Batam, juga dirasakan anak anak pelajar di pelosok-pelosok Desa di Indonesia, maka Indosat tidak saja mampu menembu56atasan melainkan akan menjadi juara di tahun tahun mendatang. Terakhir, Selamat Ulang Tahun Indosat Ooredoo Hutchison ke 56 Tahun, Warna Kuning Indosat dan Merah Jingga Tri diyakin akan semakin merakyat. (*)

Tulisan: Dedy Suwadha
Editor Media WartaKepri.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News