Penampakan Wajah Pelaku Pencurian Kotak Donasi Palestina Di Karimun

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, menggelar konferensi pers kasus pencurian.(Foto: Aman)


WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Tim Resmob Sat Reskrim Polres Karimun berhasil mengamankan seorang pria berinisial I (29), yang diduga kuat sebagai pelaku pencurian kotak donasi untuk Palestina, pada Selasa (21/11/2023) petang.

Dengan kedua tangannya yang terborgol, seraya mengenakan kaos berwarna putih, celana jeans berwarna hitam pelaku pencurian kotak donasi peduli Palestina, di Masjid Baitul Jamil perumahan Puri Granit Indah RT. 004, RW. 001, Kelurahan Darusalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri ini, hanya bisa menundukkan kepala merenungi nasibnya.

“Selang 2 hari setelah dilakukan penyelidikan dan pengejaran, pelaku warga RT. 02, RW. 03, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing ini berhasil diamankan oleh Tim Resmob Sat Reskrim Polres Karimun,” ujar Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Gidion Karo Sekali, kepada awak media saat menggelar konferensi pers, Rabu (22/11/2023).

Pelakunya sendiri kata Kapolres berhasil diamankan saat berada di kawasan GOR Badang Perkasa Karimun, pada Selasa 21 November 2023, pukul 18.30 WIB.

“Keterlaluan dan nekat, karena mencuri di dalam Masjid, yakni kotak donasi untuk membantu rakyat Palestina, senilai Rp 200 ribu,” ungkap Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat Bumi Berazam, sekecil apapun peristiwa yang terjadi, segera dilaporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

“Kepada seluruh masyarakat Karimun, segera dilaporkan apabila terdapat kejadian dan peristiwa,” katanya.

Sebelum beraksi, masih kata Kapolres pelaku datang ke Masjid Baitul Jamil untuk melaksanakan ibadah shalat Isya, selanjutnya pergi berlalu.

“Selang beberapa saat kemudian, pelaku datang kembali ke Masjid pukul 22.00 WIB, pelaku sendiri sempat bertemu dengan Imam Masjid bernama Wawan,” beber Kapolres.

Pelaku pencurian kotak donasi untuk Palestina, I (29) warga Desa Pongkar, Tebing Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, saat dikirim Tim Resmob Satreskrim Polres Karimun.(Foto: Aman)

Selanjutnya kata Kapolsek, pelaku sempat untuk meminta izin bermalam (tidur) di dalam Masjid Baitul Jamil.

“Tanpa menaruh curiga apapun, Wawan mengamini, memberikan izin kepada pelaku untuk tidur di dalam Masjid,” paparnya.

Kapolres membeberkan, pukul 01.30 WIB pelaku terbangun selanjutnya menggambil uang didalam kotak donasi untuk Palestina, lalu pergi meninggalkan Masjid.

“Pukul 04.00 WIB, Wawan pun baru menyadari bahwa pelaku telah mencuri uang donasi. Wawan mendapati pelaku sudah tidak ada di dalam masjid dan kotak donasi sudah dalam keadaan rusak pada bagian atas,” sebut Kapolres.

Sementara itu, pelaku mengakui seluruh perbuatannya, telah mencuri uang donasi didalam Masjid Baitul Jamil.

“Uangnya sudah habis, untuk kebutuhan hidup sehari-hari, beli makan dan rokok,” katanya.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 364 KUHP dan Peraturan Mahkamah Agung RI nomor 2 tahun 2022, tentang penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News