Fenomena Sundog: Video Viral Dua Matahari di Mentawai, Sumatera Barat

Video Viral Dua Matahari di Mentawai, Sumatera Barat
Video dua matahari muncul di Mentawai, Sumbar jadi viral (tangkapan layar tiktok)
HARRIS BARELANG

BATAM – Sebuah video yang menampilkan langit dengan dua matahari tiba-tiba menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @ombak_ebay_mentawai pada Kamis (22/2/2024).

Video tersebut merekam momen langka di Mentawai, Sumatera Barat. Terlihat kedua matahari bersinar dengan cukup terang, memicu kehebohan di kalangan warga.

Fenomena langka ini, seketika viral. Banyak dikaitkan dengan pertanda bencana, ternyata memiliki penjelasan ilmiah.

Video tersebut merekam apa yang disebut sebagai “sundog” atau “matahari tiruan”. Sundog adalah bintik cahaya berwarna yang terbentuk akibat pembiasan cahaya melalui kristal es di atmosfer.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Amerika Serikat (BMKG AS), sundog muncul sebagai sepasang bercak cahaya dengan warna halus yang muncul pada ketinggian yang sama di cakrawala dengan matahari.

Fenomena ini terjadi ketika cahaya matahari melewati kristal es lempeng heksagonal yang tersuspensi di awan cirrus atau cirrostratus, yang terletak di ketinggian sekitar 20.000 hingga 40.000 kaki.

Kristal es tersebut menghasilkan pembiasan cahaya yang menyebabkan cahaya mengelilingi matahari pada jarak sekitar 22 derajat sebagai lingkaran cahaya matahari. Sinar matahari juga dipisahkan sebesar 22 derajat, sehingga tampak seperti sundogs.

Sundog dapat terjadi di seluruh dunia dan biasanya muncul saat matahari berada di atas cakrawala. Namun, kondisi tertentu membuat sundog lebih mungkin terjadi dan lebih terang, seperti kedekatan matahari dengan cakrawala.

Meskipun sering dikaitkan dengan pertanda buruk, sundog sebenarnya adalah fenomena alam yang menarik dan tidak berbahaya.

Walaupun demikian, video viral dua matahari di Mentawai ini tetap menjadi sorotan karena jarang terjadi, menyuguhkan pemandangan langit yang spektakuler dan memukau bagi yang menyaksikannya. (*)

Sumber: bisnis

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG