Presiden Setujui 14 PSN Baru Termasuk KI Wiraraja Galang dan KI Toapaya Bintan

PSN Airlangga Agustus 2022
Menko Ekonomi Airlangga
HARRIS BARELANG

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan, Presiden Joko Widodo menyetujui penambahan 14 Proyek Strategis Nasional ( PSN ) baru yang akan dibangun tahun ini.

Ia menyampaikan, pembangunan 14 PSN ini akan dilakukan oleh pihak swasta sehingga anggarannya tidak mengandalkan APBN. Ia berharap, pembangunan 14 PSN ini akan menciptakan banyak lapangan kerja baru.

“Dan juga dilaporkan ke Pak Presiden ada 14 PSN baru, dilakukan oleh swasta atau pembiayaan dari swasta, menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024).

Mantan menteri perindustrian ini merinci, ke-14 PSN itu terdiri dari pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept, pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang, dan Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur.

Lalu, pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah, pengembangan Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang, pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park Sulawesi Tenggara, dan pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource Sulawesi Tenggara.

Kemudian, pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara, pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront, Kawasan Neo Energy Morowali Sulawesi Tengah, pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD), serta pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan Kepri.

Pemerintah Selanjutnya, pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara, serta pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

“Dan ini disetujui oleh presiden dan ada PSN baru penyesuaian nomenklatur dan perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri,” ungkap Airlangga.

Lebih lanjut ia menegaskan, pemerintah menargetkan 41 PSN dari total PSN yang dicanangkan rampung tahun 2024.

Sebanyak 5 proyek ditargetkan selesai pada Januari-Maret 2024. Lalu, 24 proyek lainnya selesai pada periode April hingga September 2024, 12 proyek selesai pada Oktober-Desember 2024, dan 36 proyek pada April hingga Desember 2024.

Adapun sejauh ini, pemerintah telah merampungkan 195 PSN dan beroperasi penuh dengan nilai sebesar Rp 1.519 triliun pada periode 2016-Februari 2024.

Sebanyak 77 proyek dan 13 proyek lainnya berada dalam tahap konstruksi atau produksi sebagian atau beroperasi sebagian dengan nilai Rp 2.960,7 triliun. “Kemudian, terdapat 41 PSN yang selesai di 2024,” jelas Airlangga.

Kawasan Industri Wiraraja di Galang dan Kawasan Industri Toapaya di Bintan

Presiden Jokowi telah menetapkan 2 kawasan industri di Kepulauan Riau (Kepri), Kawasan Industri (KI) Wiraraja di Galang, dan Kawasan Industri (KI) Toapaya di Bintan menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), 18 Maret 2024 kemarin. KI Wiraraja merupakan grup kawasan industri yang berpusat di Punggur, Batam.

Di Pulau Galang, Wiraraja menempatkan grup perusahaannya yakni PT Galang Bumi Industri (GBI) untuk mengelola lahan dengan luas sekitar 3.589 hektare, yang akan memusatkan fokusnya pada industri solar farm dan industri pendukung sektor energi baru dan terbarukan (EBT).

Lokasi industri EBT terpadu ini berada di belakang Bendungan Sei Gong, Galang. Direktur PT Galang Bumi Industri, Tjaw Hieong mengatakan tema dari KI Wiraraja di Galang ini, yakni kawasan industri green energy dan smart eco industrial park.

Lokasinya juga clean and clear, tidak ada warga yang tinggal disana, serta berstatus Area Penggunaan Lain (APL) untuk saat ini. “Dari 3.589 hektare, 2.600 hektare untuk solar farm dan green energy. Sedangkan 989 hektare untuk industri pendukung EBT,” katanya kepada Bisnis.com di Batam, Selasa (19/3/2024).

Secara keseluruhan, industri ramah lingkungan yang diusung PT GBI ini menganut konsep end to end, yakni sebuah proses produksi dari tahapan awal hingga akhir, yang melibatkan sejumlah tenant industri. “Prosesnya end to end, misalnya dimulai dari hilirisasi pasir silika sampai pembuatan modul tenaga surya,” tambahnya. (*)

Sumber : kompas/bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG