Wali Murid dan Guru Bangun Swadaya Musholla SDN 11 Parit Batu untuk Kegiatan Pesantren Ramadhan

Wali Murid dan Guru Bangun Swadaya Musholla SDN 11 Parit Batu untuk Kegiatan Pesantren Ramadhan
Kepala Sekolah SD Negeri 11 Parit Batu, Suriman,S.Pd menunjukkan kondisi Musholla (foto taufik)
HARRIS BARELANG

PASAMAN – Tempat ibadah di lingkungan sekolah memiliki peran yang sangat penting, termasuk untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama siswa dan guru. Memahami pentingnya hal tersebut, pihak sekolah bersama wali murid sepakat untuk membangun musholla SDN 11 Parit Batu secara swadaya.

Musholla tersebut berlokasi di bekas WC lama yang tidak terpakai, dan diputuskan melalui musyawarah untuk dijadikan tempat ibadah. Proses pembangunan memakan waktu sekitar tiga bulan dengan biaya sebesar 8,5 juta rupiah.

Suriman, salah satu pihak yang terlibat dalam pembangunan musholla, menjelaskan bahwa biaya tersebut merupakan hasil dari sumbangan dan upaya swadaya guru dan wali murid.

Mereka merasa senang karena rencana pembangunan musholla yang telah lama direncanakan akhirnya terwujud pada tahun 2024 ini.

“Walaupun belum sepenuhnya selesai, fasilitas untuk shalat berjamaah sudah dapat digunakan oleh para siswa, bahkan kegiatan pesantren Ramadhan juga sudah dapat dilaksanakan,” ujar Suriman.

Suriman menambahkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan musholla menunjukkan betapa pentingnya fasilitas tempat ibadah di setiap sekolah.

Sebelumnya, kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan di masjid sekitar sekolah, namun sekarang telah dapat dilakukan di musholla sekolah.

SDN 11 Parit Batu memiliki total 113 siswa dari kelas 1 hingga 6, yang terbagi dalam satu rombongan belajar (rombel) untuk jadwal biasa.

Selama kegiatan pesantren Ramadhan, sekitar 30 siswa dari kelas 3, 4, 5, dan 6 hadir setiap hari, membawa perlengkapan ibadah masing-masing.

“Dengan adanya musholla di SDN 11 Parit Batu, diharapkan semangat ibadah para guru dan siswa akan semakin meningkat, baik selama bulan Ramadhan maupun pada hari-hari biasa. Mereka tidak perlu lagi pergi jauh ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah,” tutup Suriman. (Taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG