PWI Pusat Lanjutkan Program UKW Gratis di Seluruh Indonesia: PWI Kepri 3 Mei 2024

PWI Pusat Lanjutkan Program UKW Gratis di Seluruh Indonesia: PWI Kepri 3 Mei
Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun (dok foto pwi pusat)
HARRIS BARELANG

JAKARTA – Pasca-Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di seluruh Indonesia.

Dalam konferensi pers Rabu (3/4), Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun bersama Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah mengumumkan kelanjutan UKW gratis di 38 Provinsi dan PWI Surakarta.

Hendry menjelaskan bahwa jadwal UKW gratis telah ditetapkan sesuai dengan pengajuan dari masing-masing PWI Provinsi.

BACA JUGA: Gubernur Ansar Bayar Tuntas Mimpi Masyarakat Pulau Karas, Listrik Kini Nyala 24 Jam

Beberapa PWI daerah telah menyiapkan pelaksanaan UKW gratis, di antaranya Provinsi Papua Tengah yang akan menggelar UKW di Nabire pada 18-19 April 2024, Provinsi Riau pada 23-24 April 2024, Sumsel pada 26-27 April 2024, dan Provinsi Kepri pada 3-4 Mei 2024.

Ketua PWI Kepri, Andi Gino, mengucapkan terima kasih kepada sponsor dan PWI pusat atas kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas wartawan.

Hal senada diungkapkan Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono, yang menyatakan program ini tepat untuk meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI.

BACA JUGA: Update Pengerjaan 4 Rumah Contoh di Tanjung Banon Masuk Tahap Penyelesaian

Kurnaidi, Ketua PWI Sumsel, juga menyambut baik program UKW gratis sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas wartawan di daerahnya.

Hendry Ch Bangun menegaskan bahwa UKW akan dilaksanakan di 10 Provinsi pada periode April-Mei 2024. Beberapa PWI Provinsi telah memulai proses upload data peserta, termasuk PWI Provinsi Sultra, PWI Sulteng, PWI Jawa Timur, PWI Sumbar, dan satu Provinsi dari Kalimantan.

Selain UKW gratis, PWI Provinsi juga mendapat kesempatan UKW gratis dengan fasilitas Dewan Pers.

Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah mendukung program ini.

Firdaus menegaskan bahwa kompetisi jurnalistik tetap akan digelar, dengan total hadiah Rp50 juta untuk para peserta. Peserta diwajibkan mengirimkan karya jurnalistik berupa feature dengan minimal 1.500 karakter.

Pelaksanaan UKW PWI gratis ini membutuhkan persiapan administrasi yang matang. PWI Provinsi diwajibkan mempublikasikan rilis berita terkait pelaksanaan UKW PWI gratis untuk memberikan informasi kepada masyarakat. (*)

Sumber: pwi pusat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG