Satreskrim Polres Pasbar dan Masyarakat Berhasil Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil di Pujorahayu

Satreskrim Polres Pasbar dan Masyarakat Berhasil Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil di Pujorahayu
Satreskrim Polres Pasaman Barat bersama masyarakat berhasil membekuk pelaku penggelapan mobil (foto humas polres pasaman barat)

PASAMAN BARAT – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasaman Barat berhasil menangkap seorang pria berinisial LS (28). Dia diduga terlibat dalam tindak pidana penggelapan satu unit kendaraan bermotor roda empat.

Pelaku diketahui berasal dari Desa Padang Ratu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Penangkapan LS dilakukan oleh Tim Opsnal Satreskrim Polres Pasaman Barat yang dipimpin Ipda Algino Ganaro, dengan bantuan masyarakat setempat di Nagari Pujorahayu, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, pada Senin (27/5/2024) sekitar pukul 17.30 WIB.

PKP EXPO

“Benar, pelaku diringkus berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/B/75/III/2024/SPKT RES PASBAR tanggal 25 Maret 2024, terkait dugaan tindak pidana penggelapan satu unit mobil merk Mitsubishi Colt T120 SS warna hitam, dengan Nomor Polisi BA 8527 MQ,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, melalui Kasat Reskrim AKP Fahrel Haris, Selasa (28/5/2024).

Tindak pidana penggelapan tersebut terjadi pada Minggu (17/3/2024) sekitar pukul 14.00 WIB di rumah korban, Romi Rahmat (39), yang berada di Jorong Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

Modus operandi yang digunakan pelaku adalah merental mobil dengan alasan untuk usaha. Namun tidak mengembalikannya dan malah menjualnya tanpa izin pemilik.

“Korban mengalami kerugian sebesar Rp 65 juta dan melaporkan kejadian ini ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasaman Barat,” tambah AKP Fahrel Haris.

Sebagai tindak lanjut, petugas melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dan melanjutkan penyelidikan.

Pada Senin (27/5/2024) sekitar pukul 14.00 WIB, petugas sedang melakukan patroli di daerah Nagari Pujorahayu dan mendapati pelaku sedang melintas di Jalan Lintas Dusun II Nagari Pujorahayu.

Terjadi kejar-kejaran antara petugas dan pelaku. Namun pelaku berhasil melarikan diri ke arah kebun sawit.

Sekitar pukul 17.00 WIB, pelaku terlihat berjalan di Jalan Lintas Dusun III Nagari Pujorahayu dan mencoba meminjam handphone serta sepeda motor kepada warga setempat, namun tidak diberikan.

Warga yang mencurigai gerak-gerik pelaku, setelah menyadari wajahnya sesuai dengan foto yang diberikan petugas, berhasil menangkap pelaku dan membawanya ke Kantor Wali Nagari Pujorahayu.

“Warga kemudian menghubungi pihak Kepolisian Polsek Pasaman dan Polres Pasaman Barat,” jelas AKP Fahrel Haris.

Barang bukti yang disita dalam kasus ini meliputi satu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil pick up warna hitam dengan nomor polisi BA 8527 MQ, satu kunci kontak cadangan, dan satu buku keur hasil uji kelayakan mobil.

“Saat ini, pelaku telah dibawa ke Mapolres Pasaman Barat untuk proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku dijerat Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” tutup AKP Fahrel Haris. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24