Dinas Kebersihan Batam Butuh Satgas Sampah Laut di Batam

27

BATAM, WARTAKEPRI.co.id – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam mengaku siap membersihkan sampah laut yang berada di perairan Batam. Dinas juga telah memiliki Satuan tugas khusus yang menangani pengangkutan sampah di pesisir, namun jumlah tenaganya dirasakan masih kurang.

” Memang masih kurang. Di musim tertentu yang berat,” kata Kepala DKP Batam, Suleman Nababan, Rabu (2/3/2016).

Satgas Pasang Surut yang dibentuk sejak 2013 ini dibagi menjadi tiga tim. Tiap tim bekerja untuk satu lokasi pesisir, yakni di Tanjunguma Kecamatan Batuampar, Tanjungriau Kecamatan Sekupang, dan Tanjungbuntung Kecamatan Bengkong.

Tim terdiri dari dua orang yang dibekali satu kapal pengangkut sampah. Tugas satgas ini adalah mengangkut sampah yang berada di laut, khususnya di kawasan pesisir, ke atas kapal. Kemudian membawa sampah ke truk pengangkut yang sudah siap di daratan.

” Ngambil sampah dari lautnya secara manual,” kata Suleman.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Menurutnya jumlah petugas dua orang per tim untuk satu lokasi itu dirasa kurang. Terutama di saat musim tertentu yang membawa sampah dari lautan ke pesisir.

Meski ia tidak tahu pasti berapa tonase sampah yang diangkut dari laut. Karena setelah sampai di darat, sampahnya bercampur dengan lokasi lain ketika pengangkutan ke tempat pembuangan akhir.

” Ya minimal tiga orang la per tim,” ujarnya.(mcb/ded)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH