Pesawat Intai Asing atau Pesawat Target yang Jatuh di Pelabuhan Batam Centre – WartaKepri
54 views

Pesawat Intai Asing atau Pesawat Target yang Jatuh di Pelabuhan Batam Centre

PKP DREAMLAND

BATAM, WARTAKEPRI.co.id  Setelah beberapa tahun lalu pernah ditemukan satu buah pesawat tanpa awak jatuh di Kabupaten Bintan, kembali kini didapatkan satu buah pesawat tanpa awak jatuh di Kota Batam, Kamis (31/3/2016). Pesawat ini langsung menjadi perhatian masyarakat dan diburu oleh sejumlah rekan media.

Sebelumnya, pada tahun 2012 lalu, Pesawat pengintai tanpa awak jenis jet Banshee Target nomor lambung 5498 yang diduga milik negara asing jatuh di Perairan Bintan. Pesawat yang biasa digunakan untuk mendukung angkatan bersenjata dan badan keamanan di seluruh dunia tersebut ditemukan nelayan Toapaya, Mukri (30) bersama dua rekannya di perairan Pulau Pucung Berakit, Senin pagi (12/11/2012) sekitar pukul 06.00 wib.

Jenis Pesawat yang jatuh di Kabupaten Bintan tahun 2012 lalu.
Jenis Pesawat yang jatuh di Kabupaten Bintan tahun 2012 lalu.

Sebelum menemukan Banshee Target, Mukri pergi melaut bersama Joharuddin (27) dan Nasib (40), Ahad sore (11/11/2012) sekitar pukul 15/00 WIB. Mereka mencari ikan di Perairan Tanjungberakit untuk menarik alat tangkap ikan jenis Kelong dari tengah laut ke bibir pantai.
Sekitar pukul 01.00 WIB, ketiganya sudah menarik kelong ke arah bibir pantai Pulau Pucung. Sekitar tiga mil dari Pulau Pucung atau 1,5 mil dari bibir Pantai Tanjung Berakit, Mukri melihat benda warna merah kekuningan terapung di permukaan laut. Melihat benda tersebut, pompong yang dikemudikan Mukri langsung menuju ke arah benda sambil menarik Kelong.

Jajaran Polsek Gunung Kijang langsung membawa dan mengamankan pesawat ke Mapolsek. Di samping kantor mapolsek, beberapa anggota Polsek melakukan pengecekan dan pendataan.

Selain memiliki nomor lambung 5498, bodi utama pesawat Banshee Terget bewarna merah dengan sayap bewarna kuning. Pesawat dilengkapi mesin dengan bahan bakar premium (bensin). Di bagian belakang pesawat terdapat satu sirip yang bertuliskan Meggitt. Di bawah sirip masih terpasang 1 baling-baling dengan kondisi sayap dilengkapi alat kendali arah.

Pesawat dengan bentuk bagian depan menyerupai rudal tersebut juga dilengkapi satu parasut warga orange dan topi seperti yang digunakan pilot. Hanya saja, di bagian bawah pesawat tidak terdapat roda karena sistem pelepasan pesawat Banshee Target menggunakan peluncur. Di depan bodi utama pesawat masih terdapat satu antena. Pada kokpit mini tertera nomor seri 17.003125 cart 87367 tanpa ditemukan alat kamera. Diperkirakan, pesawat ini merupakan produk Inggris.

Jadi, apakah pesawat yang jatuh di tahun 2012 ini sama tipenya atau tidak, hingga saat ini masih dalam penyelidikan pihak terkait di Kota Batam. (ded)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA