Penasaran Dengan Gurihnya Kue Kernas, Silahkan Berkunjung ke Natuna

1436
Kue KERNAS-NATUNA

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Kernas adalah makanan khas asal Natuna sejenis kue, yang terbuat dari campuran ikan dan sagu. Makanan ini bentuknya hampir mirip dengan empek-empek, namun bedanya jika empek-empek terbuat dari tepung kanji, sedangkan kernas bahan dasarnya menggunakan campuran dari tepung sagu dan sagu butir.

Makanan kernas ini biasanya disajikan bersama kuah atau saus cabe merah encer telah diracik untuk melengkapinya. Rasanya tentu tidak terlepas dari rasa ikan segar asli natuna.

Bentuknya berkeping-keping dan terdapat buliran sagu butir dipermukaan maupun didalamnya. Makanan ini sangat mudah didapatkan, jika traveler Wartakepri sudah berada di Pulau Natuna, direkomendasikan untuk menikmati dulu baru saya akan ajak untuk petualang ke spot spot lainya ok.

Honda Capella

Makanan ini sangat mudah didapatkan, jika anda sudah berada di Pulau Natuna. Cukup mampir saja dilokasi wisata Pantai Teluk Selahang atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Tanjung.

Di sana banyak tersedia warung yang menjual kuliner lainnya. Traveler juga bisa merasakan tiupan angin segar dan panorama indah didepan mata ditemana kelapa muda sangat segar serta ditambah semangkuk Kernas apa lagi masih hangat.

Sepanjang pantai Tanjung mata akan dimanjakan alam sebab sunguh indah bentuk memikat para pengunjung, sebab pantai melengkung bak pisau sabit, air laut jernih Butiran pasir sangat halus.

Nyur melambai sepanjang bibir pantai gunung Ranai menjulang tinggi sangat menemani suasana hati dijamin betah.

Tentu untuk menikmati ini, Anda harus datang ke Kota Ranai Kabupaten Natuna. Ibukota Natuna adalah Ranai. Yaitu sebuah kota yang masih terdapat dalam wilayah Kepulauan Natuna Besar yang dikenal dengan nama Bunguran. Di pulau terbesar di Natuna ini terdapat 6 wilayah kecamatan. Mulai dari Bunguran Timur, Barat, Selatan, Utara, Tengah, hingga Timur Laut.

Kota Ranai posisinya tepat berada di pinggir laut. Dan tahukah anda bahwa laut tersebut merupakan laut lepas. Mengerikan memang. Tapi sebuah gunung yang berjarak cukup dekat dari laut, tidak lebih dari 5 kilometer, seakan meleburkan rasa takut terhadap laut lepas tersebut. Sungguh Maha Adil Allah SWT.

Beberapa pesawat sudah mulai beroperasi di Natuna walau bandara yang digunakan masih meminjam milik TNI AU. Hampir setiap hari beberapa pesawat tampak keluar masuk menghiasi langit Natuna.

Sementara untuk transportasi laut terdapat beberapa kapal besar yang mampir ke pulau ini. Seperti Kapal Bukit Raya milik Pelni, Sabuk Nusantara, dan Kapal Perintis. Kapal-kapal tersebut menyinggahi Natuna setiap seminggu sekali dengan jadwal yang berbeda antara satu sama lain.

Transportasi

Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh lewat jalur udara, bandara yang melayani rute ke Natuna saat ini hanya ada satu, yakni Bandara Internasional Hang Nadim di Batam. Penerbangan komersial dari Batam ke Natuna dilayani setiap senin hingga sabtu, dengan dua maskapai pesawat yang bergantian.

Nah jika ingin ke Natuna lewat jalur udara dari mana saja anda berada, Batam adalah tempat yang harus anda singgahi, sebelum melanjutkan perjalanan ke Natuna.

Saat ini hanya ada satu penerbangan langsung, yaitu dari Jakarta – Batam – Natuna. Dari Jakarta anda harus mengambil penerbangan paling awal, karena penerbangan dari Batam ke Natuna dijadwalkan sekitaran pukul 10.00 WIB.

Jika Traveler Wartakepri berada di luar Jakarta, bandung misalnya, mau tidak mau harus menginap di Batam semalam, dan perjalanan ke Natuna dilanjutkan pada esok harinya.

Jangan menginap di Batam saat malam minggu, kecuali jika anda ingin menikmati indahnya Batam dalam 2 malam, karena tidak ada penerbangan dari dan ke Natuna pada hari minggu. Perjalanan ke Natuna bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Batam.

Harga tiketnya, mungkin bisa cek sendiri kali ya di www.traveloka. sudah ada dua maskapai Wing Air dan sriwijaya reguler atau mau minta bantuan saya boleh silahkan di telepon ke nomor ini 08127000 8780 mas Rikyrinovsky namanya, dia anak natuna siap membantu perjalanan traveler wartakepri insya alloh di jamin enjoy servisnya.

Kapal

Angkutan Laut merupakan moda transportasi andalan bagi masyarakat Natuna. Jika berada di Jawa, cara untuk ke Natuna adalah naik KM Bukit Raya milik PT Pelni. Ada dua rute yang bisa dipilih, yang pertama dari Tanjung Priok di Jakarta, rutenya Tj Priok – Belinyu (Bangka Belitung) – Kijang (Bintan, Kep. Riau) – Jemaja – Siantan (Anambas, Kep. Riau) – Natuna, waktu yang dibutuhkan adalah 4 hari 3 malam, keberangkatan dari Tj. Priok dijadwalkan pada hari kamis. silahkan cek jadwal di www.traveloka.com

Rute kedua adalah dari Jawa bagian timur, pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, rutenya Tj Perak (Surabaya) – Pontianak (Kalimantan Barat) – Serasan – Midai – Natuna. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan perjalanan Tj. Priok Natuna (4 hari 4 malam). Keberangkatan dari Tanjung Perak biasanya pada hari minggu malam.

Harga tiket untuk sekali perjalanan dengan KM Bukit Raya berbeda-beda tergantung asal keberangkatan. Jika dari Tj. Priok ke Natuna, harga tiket tidak lebih dari 500.000, hal yang tak jauh berbeda dengan harga tiket dari Tj. Perak – Natuna.

Atau cara lain mengguakan transportasi laut yang agak murah adalah dengan menggunakan kapal perintis dari Pelabuhan Tanjung Pinang dan/atau Pontianak menuju Natuna.selamat menikmati perjalanan sahabat traveler di kepulauan Natuna semoga mengasikkan. Tertarik, dan ingin informasi lebih jelas silahkan hubungi 081267078828. (rikyrinovsky)

FANINDO