Agustus, Perekonomian Provinsi Kepri Tumbuh 5,4 Persen

220
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Setelah mengalami perlambatan selama 5 triwulan secara berturut-turut, pertumbuhan ekonomi Kepri kembali menguat pada triwulan ke-2 tahun 2016 ini.

“Kepri tumbuh menjadi 5.40 persen dibanding triwulan sebelumnya yang hanya sebesar 4.54 persen,” ujar Kepala BI Kepri, Gusti Raizal di Batam, Jumat (2/9/2016).

Penguatan pertumbuhan tersebut, sambung Gusti, didorong oleh semakin meningkatnya konsumsi rumah tangga dan investasi. Terutama dalam sektor bangunan, dan konstruksi pemerintah.

Kendati demikian, untuk ekonomi Sumatera, Provinsi Kepri berada pada ranking ke-5 dengan hanya sebesar 8 persen. Peringkat itu dikatakan Gusti meningkat jika dibandingkan pada triwulan sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, untuk ranking pertama pada wilayah Sumatera diraih oleh Provinsi Riau sebanyak 24.2 persen, disusul Sumut 22.4 persen, Sumsel 12.8 persen, dan Lampung 10.3 persen, terangnya.

Lebih jauh dijelaskan Gusti, untuk faktor pendorongnya adalah semakin meningkatnya daya beli masyarakat akibat pola musiman hari raya. Termasuk juga dengan meningkatnya investasi swasta, dan sejumlah konstruksi perumahan.

Menurutnya, memasuki triwulan ke-3 tahun 2016, penguatan pertumbuhan ekonomi Kepri diperkirakan akan berlanjut yang terutama bertumpu pada sektor investasi.

Oleh sebab itu, hingga saat ini pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri masih baik dan bahkan lebih membaik dari sebelumnya, pungkasnya. (ichsan)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel