Lucu dan Indahnya Upacara Bendera, Sekolah Berkebutuhan Khusus di SLB Batam

43
Upacara Siswa SLB Kota Batam

Wartakepri.co.id, Batam – Pagi yang cerah dan suasana yang indah serta lucu, saat anak anak sekolah berkebutuhan khusus negeri Batam Center melaksanakan upacara bendera, Senin ( 31/7’2017) pagi.

Siaaappp grakk!!! teriak lantang pemimpin upacara memberikan instruksi pada siswa lainnya. Siapa sangka, suara lantang tersebut adalah milik Eko penyandang Low Vision SLB Negeri Batam.

Low vision merupakan kemampuan mata untuk melihat sebagian atau ”kurang awas”; salah satu bentuk gangguan penglihatan yang tidak dapat dibantu dengan menggunakan kacamata. Jarak pandang maksimal untuk penyandang low vision adalah 6 meter dengan luas pandangan maksimal 20° (derajat). Penyandang low vision hanya kehilangan sebagian penglihatannya dan masih memiliki sisa penglihatan yang dapat digunakan untuk beraktivitas.

Selain Eko, petugas upacara lain mulai dari pembawa acara, pengibar bendera hingga pembaca doa seluruhnya juga adalah para penyandang cacat yang bersekolah di SLB. Sudah bisa dipastikan, SLB dengan petugas upacara yang luar biasa pula ini, menjadikan pelaksanaannya terlihat berbeda dengan yang banyak digelar di sekolah umum biasanya.

Seperti saat pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih yang tugasnya diemban oleh tiga petugas yang semuanya tuna wicara. Cukup menarik untuk dilihat dan perhatian oleh oranh tua siswa yang menyaksikan. Gerak langkah ketiganya bisa selaras seirama atas arahan isyarat tangan salah satu petugas pengibar bendera yang dijulurkan ke depan saat berbelok, berhenti hingga saat dilakukan pengibaran bendera.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Dilanjut pada pembacaan Naskah Pancasila oleh siswa penyandang tuna rungu. Meski dengan suara sedikit terbata-bata, namun ia membacakannya dengan penuh percaya diri hingga tuntas.

Upacara pun akhirnya ditutup dengan pembacaan doa. Meski dengan keterbatasan fisik, kurang pendengaran, tuna runggu maupun sebagai penyandang tuna grahita, namun setiap susunan acara berjalan dengan baik dan sukses.

Tampak kebahagiaan terpancar dari wajah para petugas upacara dan setelah berhasil menyelesaikan upacara tanpa kendala. Mereka juga saling tos dengan sesama petugas upacara dan teman lainnya usai upacara.

( Nikson Juntak )

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO