Xiaomi Indonesia Tertarik Kembangkan Investasi Karena Kemudahan Izin dari BP Batam

BP Batam Xiomi investasi

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Ketua BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo berjanji akan memberikan kemudahan investasi kepada calon investor di Batam. Dalam waktu 3 jam setelah mendapat izin, investor langsung mengembangkan usahanya.

Itulah yang dijanjikan oleh Lukita dihadapan lebih 20 pemasok komponen Smartphone Global dalam acara Supplier Investment Summit, Senin (07/05/18) di Radison Hotel Batam.

“ Kami akan bekerjasama dan membantu mengusahakan perijinannya sampai ke Kementrian lainnya, dan pada pertengahan Mei ini, nanti untuk pelayanannya akan di lakukan dengan menggunakan cara Line Singgle Mission, yaitu cukup melakukan secara elektronik,“ jelas Lukita mengajak para investor menanamkan modalnya ke Batam.

Dalam acara ini, hadir juga Direktur Standarnisasi Perangkat Pos dan Telekomunikasi, Muhammad Hadiyana,Kementrian Komunikasi dan Informastika RI, dan Staff serta Deputi BP Batam serta tamu undangan.

Lukita menegaskan, Batam terus mengalami pertumbuhan sebanyak 4.5 persen di banding tahun sebelumnya dan target tahun 2019 nanti, Batam akan mengalami pertumbuhan sebanyak 7 persen dari yang di targetkan.

Menurutnya, Batam selain memiliki wilayah yang sangat strategis, juga memiliki potensi yang cukup besar di lihat dari beberapa faktor seperti, pembangunan infrastruktur.

Bandara dengan panjang 4.000 km sebagai Bandara terpanjang, Pelabuhan dengan puluhan ribu kapal yang lebih besar dari Negara Panama dan Swiss dan industry manufaktur yang di dukung dan berbasis Oil dan Gas serta minyak bumi yang berdampak pada perputaran uang yang cukup besar.

Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager mengatakan, dengan tawaran BP Batam untuk memberikan kemudahan berinvestasi di Batam, merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan bagi para Investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

“ Investasi yang di tawarkan BP Batam itu sangat menarik bagi kami, dan Indonesia telah menjadi pangsa pasar yang sangat penting bagi perusahaan kami di Indonesia sebagai salah satu pasar yang sangat aktif bagi kami. Dan kami yakin bahwa para supplier yang datang saat ini, dapat melihat secara langsung besarnya potensi pasar serta memahami iklim investasi di Indonesia khususnya di wilayah Batam,” pungkasnya.

Pada 2017, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mencatat nilai investasi sebesar lebih dari US$1,15 miliar yang berasal dari 73 proyek di Batam tahun lalu.

Bila seluruh supplier komponen smart phone global yang hadir pada kegiatan ini membangun pabrik di Indonesia, nilai investasi yang dihasilkan dapat mencapai US$315 juta dan pada saat bersamaan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi 10.000 orang.

Kegiatan ini juga mencakup dua sesi presentasi mengenai kebijakan pemerintah terhadap investasi asing yang disampaikan oleh BP Batam dan jajaran pemerintahan, kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai praktik dan kebijakan di Batam.

Awal tahun lalu, Xiaomi meluncurkan inisiatif “Kami Buatan Indonesia” yang memungkinkan perusahaan menghadirkan lebih banyak produk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan lokal sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara menyeluruh. Saat ini, Xiaomi bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada sebagai manufaktur lokal di Indonesia.

Acara ini akan berlanjut hingga Selasa (8/5/2018) . Para supplier akan mengunjungi Pelabuhan Laut Batu Ampar dan Bandara Kargo Hang Nadim untuk mengeksplorasi fasilitas logistik di Batam serta mengunjungi area industri Batam yang berlokasi di Batam Center dan Nongsa.

Kunjungan tersebut akan memberikan akses langsung bagi para supplier untuk mengeksplorasi dan mempelajari peluang investasi, berbagai insentif yang ditawarkan oleh BP Batam dan pemerintah lokal, kebijakan investasi asing langsung, kebijakan industri, dan berbagai kebijakan pemerintah lainnya yang diterapkan untuk investor asing di Indonesia. (*)

Sumber: Aditya/WartaEkonomi/terdepan

Foto istimewa: FB Adi Soegiharto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG