Start Belakangan, Diky Wijaya Dinilai Sama Kuat dengan HM Rudi di Pilwako Batam 2020

30
Diky Wijaya

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Tidak lama lagi, Pesta demokrasi pada Pilwako Batam tahun 2020 ini bakalan berlangsung seru sebab beberapa figur sudah mulai mencuri perhatian ke publik.

Perhelatan Pilwako Batam kali ini banyak muncul mulai dari petahanan Muhammad Rudi, mantan kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, mantan staf Khusus Gubernur DKI Jakarta Rian Ernest, Wakil Ketua DPRD Imam Sutiawan, Wakil Ketua DPRD Ruslan Ali Hasyim, tokoh Zukriansyah, mantan Anggota DPRD Kepri Hj Asnah.

Menariknya lagi, muncul sosok Diky Wijaya baru-baru ini mengaku siap bertarung pada pilkada Batam September 2020 mendatang. Diky mulai berani memunculkan namanya pada minggu minggu awal Januari 2020. Artinya Diky sosok yang paling belakangan namanya muncul setelah puluhan nama Balon Walikota Batam muncul sejak September 2019.

Jika ingin tau siapa sebenarnya Diky Wijaya? Diky bukan orang baru di Batam. Melainkan sudah lama berkecimpung di Batam, bahkan dia (Diky) adalah seorang pejabat di Kepri dari golongan aparatur sipil negara (ASN).

“Apalagi saat ini beliau menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri, dahulu Dinas Pendapatan atau Dispenda,”ujar salah seorang simpatisan Diky Wijaya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Sementara itu, pengamat politik Linayati Lestari, Ph.D, mengatakan bahwa Diky Wijaya ini, kemungkinan besar menjadi pesaing Muhammad Rudi pada pilkada 2020 ini.

Menurutnya, sosok Diky Wijaya juga mumpuni jika dinilai dari segala aspek. Dia sudah layak seorang pemimpin,”kata Linayati Lestari.

Bahkan, lanjut dia, bukan rahasia lagi, pak Diky adalah menantu dari Ketua DPD Partai PDI-Perjuangan Kepri Pak Soerya Respationo jadi, kemungkinan peluang besar beliau yang akan jadi kuda hitam dan bertarung dengan pak Muhammad Rudi”ucapnya.

Sedangkan kalau kita melihat dari kendaraan, bisa jadi partai PDI-Perjuangan beralih mendukung Diky,”terangnya.

Saya menilai, antara Diky dan Muhammad Rudi, memiliki persamaan peta kekuatan dari sisi kepartaian. Boleh kita melihat saja misalkan partai PDI-Perjuangan sebelumnya pada Pemilihan Legislatif kemarin, memperoleh 8 kursi di DPRD Kota Batam periode 2019-2024.

Sedangkan untuk Partai Mughammad Rudi yakni NasDem hanya memperoleh 7 kursi. “Jadi, menurutnya memungkinkan persaingan berat keduanya pada pilkada ini,” tegasnya.

Saat ini, Diky Wijaya ASN golongan IV A menuju IV B. Belum lagi dari sisi organisasi menjabat sebagai pengurus di KNPI Kota Batam, KNPI Provinsi Kepri, GP Ansor, GPS Kepri, hingga pengurus di Bamus Betawi Kepri.

Tidak hanya itu, ia saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri.

Sementara Muhammad Rudi, saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW Nasdem Kepri, mantan anggota Polri, mantan anggota DPRD Batam, mantan Wakil Walikota Batam, dan saat ini petahanan.

Masih kata Linayati, jika dilihat kekuatan keduanya, Diky tak bisa dipandang sebelah mata. sebagai orang berpengaruh di belakang pak Diky, bisa jadi mendongkrak popularitasnya.

“Pak Rudi juga petahanan, kami menilai dari sudut pandang itu. Sementara calon lain juga tak kalah populer,”tutupnya.(*)

Kiriman : Taufik Chan

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO