TNI AL Dukung Pemkab Anambas Tingkatkan Kualitas RT/RW

17
Sosialisasi peningkatan RT/RW di Anambas oleh Bupati Anambas. (Photo: WartaKepri/rama)

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas meningkatkan kualitas para pengurus RT/RW disambut baik Komandan Lanudal Matak, Mayor Laut (T) Arief Gunawan.

Danlanudal Matak mengapresiasi sosialisasi peran dan fungsi RT/RW dalam pembangunan daerah oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas di aula Desa Tebang, Kecamatan Palmatak, Selasa (11/2). Ia bersama seluruh prajurit menyatakan siap mendukung upaya memaksimalkan peran dan fungsi RT/RW di wilayah kerjanya.

Menurut Danlanudal Arief, hubungan baik yang selama ini terjalin dengan masyarakat menjadi modal Lanudal Matak mendukung kegiatan ini. “Terutama di bidang potensi maritim di Pulau Matak,” kata Arief.

Arief menyebut akan banyak informasi yang didapat karena menjalin hubungan dengan masyarakat di sekitar Lanudal Matak. Aapalagi, imbuh dia, warga sekitar banyak yang berprofesi sebagai nelayan.

“Sehingga para pengurus RT/RW pun banyak dari warga nelayan, yang tentunya menjadi kewajiban prajurit penerbangan TNI AL untuk bersinergi dengan masyarakat, sekaligus sebagai pembinaan wilayah potensi maritim,” sambungnya.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Dalam Permendagri itu disebutkan betapa pentingnya peran dan tugas RT/RW dalam mendukung visi dan misi pemerintah daerah mensukseskan program pembangunan yang telah dikonsepkan bersama. Utamanya pada tingkat pemerintahan desa masing-masing dan seterusnya akan berimbas ke tingkat lebih tinggi.

Ia katakan bahwa RT/RW adalah jembatan aspirasi sesama masyarakat dengan pemerintahan desa/kelurahan. Selain itu, juga sebagai penengah penyelesaian masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga sebelum ke tingkat yang lebih tinggi.

“Bila semakin baik kualitas pengurus RT/RW, maka tidak mustahil banyak persoalan tertentu yang dapat diselesaikan. Namun itu tentunya didukung oleh kesadaran masyarakat yang tinggi pula dalam menjaga keharmonisan hubungan antar sesama,” tutupnya. (rama)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI