Oknum ABK Kapal kurir sabu asal Malaysia diupah 4 juta per ons – WartaKepri
88 views

Oknum ABK Kapal kurir sabu asal Malaysia diupah 4 juta per ons

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Satuan Reserse Narkoba Polres Karimun bekerjasama dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun berhasil mengamankan 3 orang pelaku masing-masing FN, AR dan Z, yang diduga terlibat dalam penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu asal Malaysia pada Kamis 13 Februari 2020 lalu.

“Dari hasil pengembangan, jajaran Satnarkoba kembali berhasil mengamankan para pelaku FI, VT dan KL di salah satu ruko di bilangan Sungai Lakam, Karimun,” terang Kasat Narkoba Polres Karimun AKP Rayendra Arga Prayana saat gelar konferensi pers Rabu (19/2/2020).

Perwira asal Kota Semarang Jawa Tengah ini menyebut, dari hasil pengembangan telah menyita sejumlah barang bukti narkotika berupa 12 paket besar narkotika jenis sabu-sabu dengan berat kotor sekitar 1,353 kilogram.

Psikotropika jenis pil emirin atau happy five sebanyak 40 butir dan 1 paket sedang sabu-sabu dengan berat 10 gram, 5 paket sedang sabu-sabu dengan berat kotor 12,88 gram.

“Dari hasil pengungkapan kasus barang haram ini berawal dari informasi Satreskrim Polres Karimun terkait adanya transaksi narkotika ketika melakukan pengecekan handphone salah seorang yang dicurigai sebagai jaringan narkotika,” terangnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kasi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Tanjung Balai Karimun.

Bagus Hariadi menjelaskan bahwa, 3 orang ABK ini merupakan crew kapal MV. Ocean Dragon II, dengan rute Kukup Malaysia menuju Tanjungbalai Karimun Kepri.

“Pengungkapan kasus narkotika Ini merupakan sinergitas, dan dari hasil pemeriksaan tim gabungan tersebut berhasil diamankan barang bukti diduga sabu seberat 11,56 gram,” ungkapnya.

Bagus juga menuturkan bahwa, pada awalnya petugas KPPBC TMP B TBK, telah mendapat informasi dari Satnarkoba Polres Karimun terkait narkotika yang akan dibawa melalui kapal MV. Ocean Dragon II tersebut.

“Menindaklanjuti informasi tersebut, selanjutnya dibentuk tim gabungan dari KPPBC TMP B TBK dan Satnarkoba Polres Karimun, dan pada Jumat (14/2/2020) pukul 07.00 WIB, tim gabungan telah melakukan koordinasi di KPPNC TMP B TBK. Dengan menggunakan BC-500 dan jalur darat, tim gabungan mulai bergerak menuju terminal pelabuhan Internasional TBK pada pukul 08.00 WIB, dan saat kapal MV. Ocean Dragon II barsandar, tim gabungan langsung bergegas melakukan pemeriksaan terhadap 1 orang ABK berinisial AR yang diduga sebagai kurir narkoba,” pungkasnya.

Sambung pria berkacamata asal Kebumen Jawa Tengah ini, dari hasil pemeriksaan, interogasi, dan cek urine serta penggeledahan tim gabungan telah berhasil mengamankan 3 orang ABK kapal FN, AR dan Z yang terlibat sebagai kurir.

“Berhasil diamankan barang bukti 4 unit HP, 3 buah paspor, dan satu bungkus barang yang diduga sabu seberat 11, 56 gram dan selanjutnya dilimpahkan kepada Satnarkoba Polres Karimun guna diproses lebih lanjut,” tutup Bagus.

Salah satu pelaku, ABK kapal pada bagian oiler (juru minyak) FN (29) mengaku kalau barang haram narkotika didapat dari Malaysia melalui seseorang sebagai perantara.

“Ada orang yang menyuruh membawa barang ini, dengan upah 1 ons Rp. 4 juta, dimana kita membawa sedikit-sedikit saja tidak banyak,” ujar FN yang mengaku sudah tiga kali membawa barang haram masuk ke Karimun.

Kiriman: Aziz Maulana

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA