Cegah Corona dan Kurang APD, Gubernur Sumbar Himbau Perantau Minang Tidak Pulang Kampung – WartaKepri.co.id
1,138 views

Cegah Corona dan Kurang APD, Gubernur Sumbar Himbau Perantau Minang Tidak Pulang Kampung





WARTAKEPRI.co.id, PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengeluarkan himbauan secara resmi kepada Ketua Organisasi Masyarakat Minangkabau dan Para Perantau Minangkabay yang berada di Luar Provinsi Sumatera Barat. Himbauan intinya berisikan kepada para Perantau Minangkabau dimanapun berada, agar sementara waktu menunda atau mempertimbangkan kembali rencana kepulangan ke kampung halaman, sampai evaluasi lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Himbauan ini dikeluarkan atas nama Sekdaprov Sumbar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, u.b Kepala Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau, Drs Luhur Budianda, SY.Msi, per tanggal 23 Maret 2020. Surat lampirkan ke Gubernur Sumbar dan seluruh Walikota dan Bupati se Sumatera Barat.

Kepada sejumlah media, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, imbauan agar tidak pulang kampung supaya penularan Covid-19 dapat diminimalisir. Ada kemungkinan, katanya, para perantau terjangkit Covid-19, lalu membawanya pulang.

“Kita akan buat surat imbau bagi perantau agar tidak pulang ke kampung halaman, kita khawatir mereka akan membawa virus dan itu dapat menyerang keluarganya sendiri,” ujar Irwan di Auditorium Gubernur Sumbar, Kota Padang, Senin (23/3/2020) dikutip langgam.id.

Saat ini, katanya, belum ada yang positif Covid-19 di Sumbar. Sementara, daerah lain sudah ditemukan, seperti di Jakarta, Medan dan Pekanbaru. Sehingga, kedatangan orang dari luar Sumbar dikhawatirkan bisa membawa virus.

Virus itu bisa saja mengenai keluarga para perantau sendiri jika ia membawa virus. Ia meminta tetap di tempat masing-masing seperti di Jakarta yang memiliki penanganan lebih baik.

“Tetap di Jakarta, di sana juga lebih baik pelayannya, kita saja masih kurang APD,” ucapnya.

Ia mengaku, juga tidak bisa menutup Bandara Internasional Minangkabau (BIM), makanya hanya imbauan yang dapat diberlakukan. Kewenangan menutup bandara ada di Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. Irwan menyarankan, jika para perantau ingin pulang kampung, tunggu dulu keadaan lebih baik.(*)

Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

1,138 views