Polres Karimun Luncurkan Poka, Aplikasi Pelayanan Publik Secara Online Dimasa Pandemik Covid-19

289
WartaKepri - Polres Karimun Luncurkan APlikasi Poka

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ditengah adaptasi kebiasaan baru, yang mengharuskan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, Polres Karimun, Polda Kapri berhasil memanfaatkan teknologi untuk pelayanan publik.

Aplikasi pelayanan dan pengaduan bagi masyarakat baru saja dirilis, dengan nama “Poka”.

Aplikasi Poka ini dapat diunduh oleh masyarakat Bumi Berazam yang menggunakan ponsel bersistem android. Aplikasi tersebut berlogo polisi berseragam lengkap yang sedang hormat.

Program aplikasi Poka sendiri guna mendapatkan pelayanan publik dari Polri, khususnya di wilayah hukum Polres Karimun yang mungkin menjadi halangan bagi masyarakat untuk enggan ke kantor Kepolisian terdekat, karena merasa khawatir jika keluar rumah atau pada saat situasi yang tidak memungkinakan ditengah pandemik Covid-19 ini.

“Tentu hal inilah yang menajadi prioritas dan atensi jajaran Polres Karimun, melalui Inovasi Polisi Karimun (Poka), sehinggamasyarakat Karimun kini dapat mendapatkan pelayanan publik secara online,” terang Kapolres Karimun AKBP Adenan, Sabtu (8/8/2020).

Menurutnya, aplikasi android dengan nama Poka tersebut sudah terintegrasi pelbagai pelayanan publik, sehingga memudahkan pelayanan masyarakat berbasis online yang dapat didowload secara Gratis di Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hyperwork.poka_polisikarimun atau dengan mengetik dilayar ponsel android melalui “POKA – POLISI KARIMUN”.

“Cara kerja Aplikasi Poka sendiri, masyarakat yang akan melakukan pengurusan tidak perlu datang ke Mako Polres Karimun, cukup mengisi data formulir pada aplikasi tersebut, maka petugas akan memverifikasi data dan memproses permohonan dari masyarakat serta akan mengantarkan langsung produk(layanan) permohonan tersebut kepada masyarakat secara door to door, kerumah masing-masing,” paparnya.

Kapolres menjelaskan, pada layanan publik yang tersedia pada aplikasi Poka sendiri meliputi layanan SPKT. Dengan fitur layanan Laporan Kehilangan Barang (LKB) secara online, masyarkat yang akan melakukan pengurusan, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor Polisi dan cukup mengisi data serta mengupload persyaratan melalui aplikasi secara online.

“Selanjutnya petugas SPKT akan memverifikasi data dan akan memprosesnya, selanjutnya petugas mengantarkan langsung surat LKB ke lokasi pemohon dari rumah-kerumah,” kata Adenan.

Selain itu, ungkap Adenan juga terdapat aplikasi layanan SKCK. Dengan fitur layanan SKCK online, masyarakat yang akan melakukan pengurusan cukup mengisi data, serta mengupload persyaratan melalui aplikasi Poka,

“Dan selanjutnya petugas akan memproses SKCK dari pemohon,” imbuhnya.

Adenan menambahkan, juga terdapat aplikasi layanan Reskrim. Pada fitur layanan SP2HP online untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui perkembangan hasil penyidikan.

“Hanya dengan membuka aplikasi Poka, maka masyarkat dapat mengetahui hasil perkembangan penyidikan,” ujar Adenan.

Hingga pelayanan Lantas, kata Adenan juga terdapat pada fitur Poka.
Dengan fitur layanan pendaftaran SIM secara online, masyarakat yang akan melakukan permohonan untuk pembuatan SIM cukup mengisi data serta mengupload persyaratan melalui aplikasi Poka.

“Selanjutnya petugas akan memproses SIM dari pemohon,” ujar Adenan.

Untuk pelayanan Sabhara sendiri, melalui fitur layanan pengawalan online, masyarakat yang akan menggunakan bantuan pengawalan cukup mengisi data melalui aplikasi secara online.

“Sehingga petugas pengawalan dari Polres Karimun akan langsung mendatangi tempat yang dimaksud tersebut,” tandasnya.

Dan terakhir papar Adenan adalah pelayanan Humas, dimana masyarakat dapat mengetahui publikasi berita dan juga informasi serta kegiatan-kegiatan Kepolisian, didalamnya tertera angket Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

“Tetunya dengan aplikasi keseluruhan ini sebagai upaya langkah sekaligus perhatian Polri memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat di era digital saat ini, sehingga mampu mencegah sekaligus meminimalisir penyebaran Covid-19,” tutup Adenan.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND