KPU Karimun Gelar Rakor dan Bimtek ke Parpol Penerima Dana Kampanye Pilkada 2020

397

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, menyelenggarakan rapat Koordinasi sekaligus Bimbingan Teknis laporan Sumbangan Dana Kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, di hotel Alishan, Kapling, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (21/9/2020).

Rakor dan Bimtek dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko
dengan didampingi oleh narasumber sekaligus anggota KPU Kabupaten Karimun Divisi Hukum dan Pengawasan Fahrur Razi, dan juga narasumber dari KPU Provinsi, Beny Suparman.

Dengan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017, tentang Dana Kampanye Peserta Pemilu tahun 2020, agar peserta Pilkada dapat memahami untuk melakukan pengisian Laporan Dana Kampanye, sehingga mengantisipasi kesalahan administrasi pelaporan.

“Pada pelaksanaan kegiatan ini bertujuan memberikan bimbingan teknis bagi perwakilan Parpol tentang Dana Kampanye Parpol sebagai peserta Pilkada, mengenai Penyusunan Laporan Dana Kampanye bagi Parpol tingkat Kabupaten Karimun,” terang Ketua KPU Kabupaten Karimun.

Dimana, kata Eko memasuki masa kampanye yang dimulai pada Sabtu tanggal 26 September 2020 mendatang, tentunya Pilkada memerlukan biaya atau dana kampanye.

“Diawali dengan laporan awal dana kampanye (LADK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK),” paparnya.

Eko menjelaskan, sehingga nantinya Rakor dan Bimtek tersebut sangat penting, membantu perwakilan parpol dalam penyusunan LPSDK. Karena seluruh laporan dana kampanye akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang telah ditunjuk KPU.

“Bimtek dengan menggunakan aplikasi Sistem Dana Kampanye (SIDAKAM), yang dipandu oleh KPU Provinsi Kepri, dalam pengisian data dana kampanye masing-masing perwakilan Parpol, sehingga mampu mengoperasikan dalam penggunaan aplikasi SIDAKAM,” pungkasnya.

Rakor dan Bimtek ini juga dihadiri oleh perwakilan Liasion Organization (LO) Partai Politik (Parpol) tingkat Kabupaten Karimum yang menjadi operator SIDAKAM, Kantor Akuntan Publik (KAP), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Kepulauan Riau.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN