Debat Perdana Pilkada 2020 dari 2 Paslon Bupati yang Digelar KPU Karimun Terasa Hambar

1158
Debat Perdana Pilkada 2020 dari 2 Paslon Bupati yang Digelar KPU Karimun Terasa Hambar
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar debat perdana bagi pasangan calon Bupati beserta Wakil Bupati Karimun yang diselenggarakan di lantai 7 hotel Aston, Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (25/10/2020), pukul 20.00 WIB.

Debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut dipimpin langsung oleh seorang moderator, yakni Rektor Universitas Karimun, Alpino Susanto, dengan lima orang panelis yang bertugas merumuskan pertanyaan untuk disampaikan moderator, dipilih berdasarkan keahlian sesuai dengan tema debat, sehingga dapat dipastikan bahwa panelis merupakan para profesional pada bidangnya masing-masing.

KPU Karimun sendiri telah menentukan aturan dalam rancangan peraturan KPU, tentang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dalam Kondisi Bencana Nonalam. Debat hanya dihadiri oleh pasangan calon, anggota tim kampanye dalam jumlah terbatas, dan KPU sekaligus Bawaslu Kabupaten sesuai wilayah kerja.

“Putaran perdana debat calon Bupati dan Wakil BupatI Karimun ini hanya dihadiri empat orang anggota tim kampanye, dari masing-masing pasangan,” terang pihak Eko KPU Kabupaten Karimun.

Menurut Eko, debat bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, merupakan salah satu bentuk kampanye yang di fasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, yang akan diselenggarakan selama tiga kali putaran.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

“Pada putaran pertama malam ini, tanggal 25 Oktober 2020, putaran kedua tanggal 2 November 2020, dan terakhir pada tanggal 8 November 2020,” paparnya.

“Yang akan menjadi pilihan terbaik untuk memimpin Kabupaten Karimun lima tahun kedepan, pada Rabu tanggal 9 Desember tahun 2020,” tandasnya.

Komitmen Rafiq-Anwar Hasyim Periode Kedua

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, kandidat calon Bupati Karimun yang merupakan petahana, Aunur Rafiq menyatakan bahwa, dengan visi dan misi yang telah disampaikan pada debat perdana tersebut, untuk menjadikan pusat pertumbuhan perekonomian yang berkeadilan dilandasi oleh iman dan taqwa.

“Secara sistematis penunjukkan visi dan misi itu harus tertuju dengan baik, untuk visi sendiri membahas tentang isu-isu yang terjadi saat ini, dimana terdapat 9 isu strategis yang harus kami pahami dan diadopsi saat ini, termasuk pandemi Covid-19, yang telah memporakporandakan sendi-sendi perekonomian masyarakat Kabupaten Karimun,” ungkap Rafiq.

Sehingga kata Rafiq dirinya beserta pasanganya Anwar Hasyim, harus segera dapat mengambil langkah-langkah konkrit dan juga langkah yang nyata jika dirinya terpilih kembali untuk membangun Karimun, pada perhelatan akbar Pilkada serentak tahun 2020 tersebut.

“Kesembilan visi tersebut harus segera diterapkan dan dilaksanakan guna menuju Kabupaten Karimun yang lebih baik lagi kedepannya,” harap Rafiq.

Selain sembilan visi, ungkap Rafiq telah memiliki enam misi yang akan diterapkan jika dirinya beserta pasangannya akan terpilih kembali. Sehingga untuk mencapai misi-misi tersebut, harus dijabarkan dalam bentuk-bentuk program. Dimana misi-misi tersebut merupakan program unggulan.

“Dan Alhamdulillah visi dan misi program kinerja pasangan ARAH sudah disampaikan dengan baik, dan kami akan serahkan pemaparan visi dan misi program tersebut, untuk dapat di cerna dengan baik oleh masyarakat, dan apabila kami terpilih maka itulah komitmen kami yang dapat diwujudkan selama kurun waktu empat tahun, sehingga komitmen ini harus dapat kami pertanggungjawabkan di dunia dengan masyarakat, dan tentunya kepada Allah SWT,” tandasnya.

Pendapat Ing Iskandarsyah-Anwar Abubakar

Sementara itu, pasangan penantang calon nomor urut dua Ing Iskandarsyah yang berpasangan dengan Anwar Abubakar degan slogan BERSINAR, menyatakan akan tetap fokus pada apa yang telah ditawarkan kepada masyarakat, dimana sub tema pada malam hari ini menjadi salah satu program-program kinerja jika nanti akan terpilih.

“Karena masyarakat sangat berharap apa yang akan terjadi dapat segera ditangani, karena kami melihat itulah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Iskandarsyah juga menambahkan, dengan adanya peningkatan wabah pandemi Covid-19, dimana KPU sendiri telah memberikan asistensinya, untuk memanfaatkan dan menggunakan media sosial yang ada sebagai sarana berkampanye.

“Karena sangat rentan dan beresiko tertularnya Covid-19, sehingga kampanye seperti ini kurang efektif dilaksanakan, masyarakat ingin langsung bertatap muka dengan kandidat calon yang akan dipilihnya,” kata Iskandarsyah.

Oleh karenanya, menurut Iskandarsyah pada putaran debat paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun yang kedua, dan ketiga tentunya dapat berkesinambungan. Agar visi dan misi pada program kinerja akan tersampaikan dengan baik kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Tentunya guna memberikan pengenalan awal kepada masyarakat terhadap visi-misi pada pasangan BERSINAR, sebelum mengikuti debat, dan pada akhirnya masyarakat sudah mempunyai pengetahuan terhadap visi-misi, sebagai informasi awal, yang sudah dibahas bersama tim kampanye paslon,” pungkasnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN