Taruna dan Taruni AAL serta Bintara PK 2021 Telah Dibuka, Ini Pesan Danlanal Tarempa

Letkol Yovan Ardhianto
Letkol Yovan Ardhianto
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pangkalan TNI Angkatan Laut, (Lanal) Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas umumkan penerimaan Calon Bintara PK Pria dan Wanita gelombang kedua (2), dengan jadwal pendaftaran online gelombang ke dua pendaftaran online pada tanggal 1 sampai 19 Agustus 2021.

Bagi siapa saja putra dan putri terbaik asal Kabupaten Kepulauan Anambas agar bisa segera bergabung bersama TNI AL dengan ketentuan persyaratan umum antaranya adalah Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa.

Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945, Berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma, Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan narkoba.

Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat), dan Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh Panda (Panitia Daerah) serta Panpus (Panitia Pusat) yang ditunjuk.

Persyaratan lain antaranya adalah Pria atau wanita, tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.

Berijazah minimal SMA/MA/SMK semua jurusan dengan nilai akhir rata-rata (UAN ditambahkan UAS) minimal 55,00, dan Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Sersan Dua atau Serda.

Selain itu ada juga persyaratan tambahan Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama, Bagi yang memperoleh ijazah dari Negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti.

Tidak bertato atau bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya, Bagi yang sudah bekerja wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja atau terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Bintara Prajurit Sukarela TNI Angkatan Laut, memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan dan sejenisnya, serta Calon Bintara wanita berpenampilan menarik.

Selain penerimaan Calon Bintara PK Pria dan Wanita TNI AL juga membuka penerimaan atau pembukaan calon Taruna dan Taruni AAL dengan ketentuan persyaratan secara online tanggal 12 April sampai 07 Mei 2021, dengan persyaratan umum, Warga Negara Indonesia, Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

Berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma, Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan narkoba, Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat) dan Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh Panda (Panitia Daerah) serta Panpus (Panitia Pusat).

Persyaratan lain Pria atau wanita, tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang, Berijazah SMA/MA dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut, lulusan SMA/MA tahun 2015 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 55,00, lulusan SMA/MA tahun 2016 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 50,00.

Lulusan SMA/MA tahun 2017 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,00, lulusan SMA/MA tahun 2018 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 46,00, lulusan SMA/MA tahun 2019 jurusan IPA dengan nilai UN rata-rata minimal 47,50, lulusan SMA/MA tahun 2020 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 6 terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai dibawah 60,00, lulusan SMA/MA tahun 2021 jurusan IPA nilai UN akan ditentukan kemudian sesuai telegram Panglima TNI, dan atau kelas 12 jurusan IPA dengan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 5 minimal 6,50 serta sudah harus terdaftar sebagai peserta UN.

Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua/Letda, dengan persyaratan tambahan Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama.

Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI, Bagi yang memperoleh ijazah dari Negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti, Tidak bertato atau bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya.

Bagi yang sudah bekerja wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja atau terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Taruna atau Taruni Akademi Angkatan Laut, memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan dan sejenisnya, dan Calon Taruni berpenampilan menarik.

Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M. Tr. Opsla, saat di konfirmasi mengatakan bahwa penerimaan Calon Bintara PK Pria dan Wanita serta penerimaan Calon Taruna dan Taruni AAL harus diminati oleh putra putri terbaik asli putra putri Kabupaten Kepulauan Anambas, karena menurutnya hingga saat ini belum ada Putra dan Putri asal Anambas yang menjadi Anggota TNI AL.

“Semoga nantinya ada Putra dan Putri terbaik yang bisa bergabung dengan TNI AL, kita buka seluas luasnya untuk penerimaan Calon Bintara/Tamtama PK dan Calon Taruna dan Taruni AAL, kita tidak batasi dengan kuota, nantinya jika ada yang lulus administrasi baik secara online maupun secara administrasi di Lanal Tarempa maka Lanal Tarempa akan siap mengawal para Calon Bintara PK maupun Calon Taruna dan Taruni AAL mulai seleksi tingkat daerah sampai ke pusat hingga lulus dan ini tidak dipungut biaya.(Rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel