Pasokan Berkurang, Harga Daging Sapi di Karimun Meroket Hingga Rp 170 Ribu Per Kg

Pasar Puan Karimun
Pasokan berkurang, harga daging sapi segar di pasar Puan Maimun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, meroket hingga Rp 170 Ribu Per Kg. (Foto : Istimewa)
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Harga daging sapi di pasar Puan Maimun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mengalami kenaikan.

Kenaikan harganya bahkan menyentuh Rp170 ribu per kilogram. Hal ini disebabkan akibat berkurangnya pasokan.

Sebelumnya awal Ramadhan, harga daging sapi berkisar antara Rp 155 ribu hingga Rp 160 ribu per kilogram.

Para pedagang mengakui, kenaikan harga terjadi sejak beberapa hari lalu, akibat minimya pasokan untuk memenuhi kebutuhan.

“Karena pasokan daging kan dari luar wilayah Kabupaten Karimun,” kata salah satu pedagang bernama Arman (39), Senin (19/4/2021).

Menurutnya faktor cuaca sangat mempengaruhi pasokan daging sapi dari luar, Sehingga mengakibatkan sejumlah kapal tidak beroperasi.

“Sehingga pasokan daging terkendala, putus-putus, dan jatuhnya hukum permintaan ekonomi, dimana ketika harga daging sapi turun, maka jumlah permintaan akan naik. Sebaliknya saat harga daging yang diminta naik, maka permintaan akan turun,” paparnya.

Dirinya menyebut, untuk harga daging frozen (beku), semula harganya berkisar Rp 90 ribu, dan kini mengalami kenaikan harga menjadi Rp 100 ribu.

“Untuk harga daging sapi segar dan frozen berbeda, untuk daging frozen (beku) mengalami kenaikan harga menjadi Rp 100 ribu,” katanya.

Arman mengakui, untuk saat ini persediaan daging segar dirinya hanya melayani permintaan bagi para pelanggannya yang memesan (order), dan untuk ketersediaan daging frozen selalu ada.

“Kalau ada pelanggan yang pesan daging segar, baru saya usahakan, dan untuk ketersediaan daging frozen selalu tersedia, stok Insha Allah selalu ada,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pembeli Abi Nelly (31) merasa kaget dengan harga daging sapi hingga Rp 170 ribu per kilogram.

“Mahal sekali, tapi mau bagaimana, kita juga butuh,” kata wanita penyayang kucing ini.

Ungkap Nelly bahan baku daging sapi segar ini akan di olah menjadi berbagai menu, termasuk salah satunnya disajikan menjadi olahan masakan rendang.

“Ya paling tidak mengurangi, tadinya beli 2 kilogram lebih, paling tidak beli 1 hingga 1,5 kg saja, untuk diolah menjadi menu masakan berbuka puasa,” ujarnya. (Aman).

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel