Rapat Evaluasi, Bapemperda DPRD Batam akan Terus Memantau Layanan Jamkesda

125

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam melakukan rapat evaluasi bersama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Rabu, (30/6/2021) siang di Gedung Serba Guna DPRD Kota Batam.

Rapat evaluasi ini, langsung di Pimpinan oleh ketua Bapemperda DPRD Kota Batam Hendrik, wakil ketua Safari Ramadhan, Anggota Utusan Sarumaha, Muhammad Yunus SPi

Anggota Bapemperda DPRD Kota Batam Utusan Sarumaha mengatakan rapat ini dalam rangka memberikan masukan kepada Pemerintah kota Batam bahwa secara sungguh sungguh, memperhatikan pelayanan masyarakat. Dimana mereka tidak mempunyai BPJS Kesehatan, sakit. Disinilah peran pemerintah ini harus hadir.

“Peran pemerintah itu jangan sampai setengah setengah tetapi harus sepenuh hati kerena selama ini ada kebijakan yang menggunakan terhitung mulai tanggal (TMT),”kata Utusan Sarumaha kepada WARTAKEPRI.co.id.

Ditambahkannya, ini perlu masukan kepada Pemerintah kota Batam agar itu tidak terulang kembali, kasihan masyarakat sudah capek mengurus segala persyaratan ternyata yang dicover itu tidak secara keseluruhan.

“Tadi kita sudah mendengarkan dari dinas kesehatan provinsi Kepri bahwa sehingga memberikan perlindungan kepada masyarakat secara keseluruhan,”ucapnya.

Menurut Utusan, hal itu perlu dibahas dan ini adalah bentuk pengawasan dari DPRD Kota Batam terhadap Pemko Batam dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Batam terkait peraturan kepala daerah yang mengatur tentang jaminan kesehatan masyarakat.

“Jadi semuanya ada norma, jika itu sudah terpenuhi maka tidak ada alasan untuk tidak memberikan rekomendarsi kepada masyarakat, baik itu untuk bantuan pelayanan kesehatan maupun bantuan kepentingan PBI APBD,” jelasnya.

Ia menegaskan, Bapemperda DPRD Kota Batam akan terus memantau secara berkelanjutan, apakah catatan dan masukan yang diberikan dilaksanakan atau tidak. Jika tidak dilaksanakan oleh OPD terkait maka DPRD punya hak politik.

“Kami terus pantau pelayanan ini, sebagai bentuk perhatian serius kepada masyarakat yang tidak beruntung, yang tidak mampu membayar iuran sendiri dan tidak mampu berobat dengan biaya sendiri,”tegasnya.

Sekali lagi kami berharap urusan kesehatan adalah urusan wajib dari Pemerintah untuk hadir ditengah-tengah masyarakat. “Jangan ada lagi hambatan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan di kota Batam ini,”tutupnya. (*)

Pengirim :Taufik Chaniago

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel