Hyundai Staria Resmi Gebrak Pasar MPV Premium Indonesia

Toyota Alphard (foto net)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id – Hyundai Staria resmi menggebrak pasar MPV premium Indonesia. Penantang Toyota Alphard ini hadir dalam dua tipe konfigurasi tempat duduk yakni 7 penumpang dan 9 penumpang.

Untuk harganya, Hyundai Staria Signature 7 dibanderol Rp 1.020 miliar, sedangkan Signature 9 dipatok Rp 888 juta on the road Jakarta.

Lalu apa saja yang ditawarkan MPV premium bongsor asal Korea Selatan ini? Dari segi dimensi, Hyundai Staria mengalahkan kompetitornya. MPV ini memiliki panjang 5,253mm, lebar 1,997mm, tinggi 1,990mm, dengan wheelbase 3,273mm.

Secara desain, tampilan Hyundai Staria tergolong berani dan nampak futuristik. Mobil ini menawarkan grill besar serta lampu utama proyektor.

Staria dilengkapi dengan roda atau alloy wheels 18-inci yang menampilkan warna permukaan elegan dengan nuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome yang juga terletak pada grille depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu.

Hyundai Staria juga dilengkapi sliding door dan pintu belakang otomatis. Menariknya, sliding door dan pintu belakang Hyundai Staria bisa terbuka sendiri hanya dengan mengantongi kunci keyless.

Caranya, tinggal mendekat pintu selama kurang lebih 4 detik dan sliding door akan terbuka dengan sendirinya.

Begitupun dengan pintu belakang, selain bisa terbuka sendiri juga bisa menutup kembali dengan sendirinya.

Hyundai Staria mengandalkan mesin 2.199cc inline 4 DOHC Common Rail Direct Injection e-VGT yang sanggup mengembuskan tenaga hingga 177 PS @3.800, dengan torsi 430Nm pada 1.500-2.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomaris 8 percepatan.

BACA JUGA: Gebrak Pasar Mobil Premium, Hadirkan Delapan Varian Baru Mini

Staria mengadopsi teknologi Shift by wire alias tanpa tuas persneling. Selain terlihat lebih premium, model seperti ini juga lebih praktis. Tak cuma itu, Staria juga dilengkapi empat (4) mode berkendara, di antaranya Sport, Eco, Comfort, dan Smart.

Fitur canggih lainnya yang dimiliki Staria yakni Save Exit Warning & Save Exit Assist. Fitur ini akan menahan pintu terbuka bila ada kendaraan yang melintas menuju ke arah mobil.

Lalu, rear occupant alert (without sensor), fitur ini akan memberikan warning pada pengemudi di layar MID untuk mengecek kembali bangku belakang sebelum keluar dari mobil.

Untuk mengantisipasi blind spot, terdapat Blind-Spot View Monitor yang bisa melihat titik buta samping kiri-kanan dengan kamera yang luas dan terproyeksi di layar MID sebesar 10,25 inci sehingga membuat konsumen semakin aman dan percaya diri dalam berkendara.

Kemudian ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist. Jika sein diaktifkan dan ada mobil mendekat dari blind-spot maka akan muncul peringatan berupa bunyi dan pengereman otomatis untuk mencegah tabrakan.

Hyundai Staria hadir dalam empat pilihan warna, di antaranya Abyss Black Pearl, Shimmering Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan Creamy White. Penasaran dengan sosoknya, simak foto-fotonya di bawah ini.(liputan6)

FANINDO

Honda Capella