Pengumuman Lomba dan Sosialisasi Pemberantasan Penyeludupan dari DJBC Karimun

109
Puluhan mahasiswa Universitas Karimun, antusias mengikuti sosialisasi sekaligus pengumuman hasil perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Bea Cukai Karimun tahun 2021. Pelaksanaan tersebut dilakukan secara daring melalui zoom meeting. (Foto : Aman)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Puluhan mahasiswa Universitas Karimun, antusias mengikuti sosialisasi Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Dalam Pemberantasan Penyeludupan di Kepulauan Riau, sekaligus pengumuman hasil perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Bea Cukai Karimun tahun 2021. Pelaksanaan tersebut dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

“Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Dalam Pemberantasan Penyeludupan di Kepulauan Riau, sehingga diharapkan kinerja BC lebih baik lagi ke depannya,” terang Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Tanjungbalai Karimun, Agung Marhaendra Putra, Rabu (22/9/2021).

Tidak hanya itu saja, kata Agung pada kesempatan ini juga diumumkan hasil perlombaan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Bea Cukai tahun 2021.

“Antusiasme para mahasiswa universitas Karimun dalam mengikuti perlombaan sangat tinggi, diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi kinerja Bea Cukai Karimun,” harapannya.

Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Winarto menjelaskan bahwa hasil penilaian lomba karya tulis ilmiah sendiri berdasarkan dari format penulisan, tata penulisan, kerapian, jumlah halaman (10-15 halaman), serta penerapan pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

“Tidak hanya itu saja, ditambah dengan ide dan gagasan kreativitas, inovasi, rasionalitas, dan bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Winarto menambahkan, keaslian gagasan hasil karya tulis mampu memberikan penjelasan dan sistematika.

“Pengungkapan gagasan, data dan sumber informasi,” ujarnya.

Sehingga kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan, dan keakuratan data dan informasi.

“Pembahasan kesimpulan dan penerapan gagasan, kemampuan menganalisis dan mensintesiskan, kemampuan menyimpulkan, dan juga kemampuan memprediksi,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, salah satu peserta yang menjuarai lomba Karya Tulis Ilmiah Bea dan Cukai, sekaligus mahasiswi dari universitas Karimun, Andini Hemilia Putri sangat mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, yang telah menyelenggarakan ajang perlombaan karya tulis ilmiah tersebut.

“Sangat baik, kedepannya diharapkan agar selalu rutin dilaksanakan perlombaan, sekaligus sosialisasi penegahan barang-barang ilegal,” ungkap mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Universitas Karimun.

Karena menurut mahasiswi semester 7 ini, peran dan kinerja Bea Cukai salah satunya dalam melindungi pabrik di Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Karimun.

“Sebagai multi protektor sekaligus melindungi konsumen dari barang-barang ilegal,” ungkapnya.

Kata Andini, peran Bea Cukai tidak hanya melakukan penindakan, akan tetapi pada sosialisasi ini sekaligus mengedukasi kepada masyarakat.

“Mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga tidak hanya peran aparat penegak hukum saja, akan tetapi masyarakat juga turut andil
untuk memberantas penyelundupan tersebut.

Andini menambahkan, sebagai daerah kegiatan perekonomian, maka sektor Bea dan Cukai merupakan instansi dari pemerintah yang sangat menunjang dalam kelancaran arus lalu lintas ekspor dan impor barang di daerah Pabean Kepulauan Riau.

“Sehingga, kesempatan ini sangat baik sekali, terlebih sebagai seorang mahasiswi, agar kedepannya lebih banyak lagi materi yang disampaikannya,” pungkasnya.

Pada sosialisasi yang akan rutin dilaksanakan tersebut, turut mengundang narasumber dari Kepala Seksi Keberatan dan Banding, Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Khusus Kepulauan Riau.

Editor : Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel