Bidpropam Polda Kepri Gelar Gaktiblin di Polres Bintan

Bidpropam Polda Kepri Gelar Gaktiblin di Polres Bintan. (Foto: Istimewa)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Bidpropam Polda Kepri melaksanakan kegiatan pemeriksaan terhadap penegakan, ketertiban dan disiplin (Gaktiblin) di Polres Bintan, Jumat (25/2/2022).

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono membenarkan bahwa Bidpropam Polda Kepri datang ke Polres Bintan untuk melakukan pemeriksaan terhadap anggota Polres Bintan yang melakukan pelanggaran.

Pemerikaaan meliputi sikap tampang, cek urin, senjata api beserta surat izinnya, Kartu Tanda Anggota (KTA), serta kelengkapan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tidar mengatakan kehadiran Bidpropam Polda Kepri yang ke Polres Bintan dipimpin oleh Kompol Soeharnoko bersama beberapa anggota Bidpropam Polda Kepri.

“Pemeriksaan ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri, khususnya Polres Bintan,” kata Tidar.

Hasil daripada beberapa pemeriksaan, ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polres Bintan antara lain yakni tidak membawa SIM, beserta STNK kendaraan atau tertinggal di rumah.

“Bagi personel yang ditemukan tidak melengkapi surat-surat tersebut dilakukan teguran dan tindakan fisik di lapangan,” kata dia.

Sedangkan untuk pemeriksaan urin keseluruhan personel Polres Bintan tidak ada yang teridikasi menggunakan narkoba. “Hasilnya negatif semua,” sambungnya.

Bidpropam Polda Kepri usai melaksanakan pemeriksaan memberikan imbauan kepada anggota Polres Bintan untuk tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun karena itu akan mencoreng nama institusi Polri.

Sedangkan untuk pelanggaran terkait kelengkapan dokumen atau surat menyurat, Tidar memerintahkan anggotanya untuk segera melengkapinya. “Segera lengkapi seperti SIM, STNK kendaraan, dan kepemilikan senjata ataupum surat-surat lainnya,” kata Tidar.

Menurut pengakuan AKBP Tidar, saat pemeriksaan surat menyurat kepemilikan senjata tidak ada temuan, seluruh anggota Polres Bintan yang diberi kewenangan memegang senjata, suratnya masih berlaku semuanya.

“Untuk surat menyurat yang lainnya, segera dilengkapi, jangan ada lagi ditemukan ketidaklengkapan apapun kedepannya,” tegasnya. (agus)

FANINDO

Honda Capella