Bupati Razia THM, Temukan Lima Orang Positif Covid-19, Focus Tracing, Testing dan Treatment

539
THM Salah satu karyawan tempat hiburan malam dilakukan rapid test antigen, oleh tim gabungan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Karimun
Salah satu karyawan tempat hiburan malam dilakukan rapid test antigen, oleh tim gabungan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Karimun.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq terus gencar melakukan razia. Kali ini bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun menyambangi sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) yang tersebar di wilayah Kabupaten Karimun.

Diantaranya Wiko Star Club, Pub dan KTV, gelanggang permainan Oriental, Satria Executive Club serta Aston Champions Executive Club.

Honda Capella

“Untuk terus melaksanakan operasi yustisi berupa rapid test antigen massal, guna meminimalisir penyebaran Covid-1,” terang Bupati Karimun Aunur Rafiq, didampingi oleh Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, Sabtu (5/3/2022).

Hasil dari rapid test antigen, kata Bupati sebanyak 127 orang, terdiri dari karyawan dan pengunjung THM dilakukan rapid test antigen.

“Operasi yustisi pada 4 THM, terdapat 127 orang yang di swab antigen, 5 orang diantaranya positif Covid-19,” kata Bupati Karimun.

Sehingga kata Bupati dari ke 5 orang yang mendapatkan hasil positif langsung dibawa ke tempat isolasi terpadu, yakni stadion Badang Perkasa, Jelutung.

“Langsung dibawa ke tempat isolasi terpadu, diperiksa terlebih dulu. Apabila mereka tidak ada gejala akan kita arahkan untuk isolasi mandiri dirumah dengan pengawasan dari pihak Kelurahan,” tuturnya.

Karena menurut Bupati, rapid test antigen massal dilakukan sebagai langkah untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 yang sedang mengalami kenaikan selama satu bulan terakhir.

Terlebih Kabupaten Karimun saat ini berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 3.

“Swab antigen pada sejumlah tempat hiburan malam dilakukan guna pemeriksaan dini (Testing), pelacakan (Tracing) dan perawatan (Treatment),” paparnya.

Selain itu juga, kata Bupati rapid antigen ini sebagai upaya memastikan kondisi kesehatan bagi karyawan, pelayan serta seluruh pengunjung tempat hiburan. Saya juga berpesan agar pihak THM tetap menerapkan protokol kesehatan selama beroperasi.

“Operasi yustisi digelar secara berkelanjutan hingga kasus Covid-19 benar-benar berkurang dan Kabupaten Karimun kembali turun ke PPKM level 1,” harapannya.

Oleh karena itu, Bupati Karimun mengimbau agar masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya menggalakkan 5 M. Selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan membatasi mobilitas serta interaksi.

“Terus patuhi protokol kesehatan, karena upaya pemerintah untuk menekan penyebaran kasus Covid-19. Semoga wabah ini segera berlalu agar masyarakat sehat dan perekonomian kembali pulih lagi,” tandasnya.(Diskominfo Pemkab Karimun)

FANINDO