Ratusan Pendonor Padati Donor Darah Bareng Perkumpulan Marga Tan Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Mengantisipasi kekosongan stok darah di PMI Batam jelang Ramadan, perkumpulan Marga Tan Kota Batam bersama PMI Batam gelar aksi sosial donor darah, di One Batam Mall, Batam Centre, Minggu (27/3/2022).

“Ini bentuk kepedulian dan sumbangsih kami (marga Tan untuk masyarakat Batam,” ujar Acun Tan Wakil Ketua Perkumpulan Marga Tan Batam didampingi Saufa J Tan.

Pantauan wartakepri.co.id sejak dibuka kegiatan donor darah pukul 10.00 WIB dipadati ratusan pendonor. Target 350 kantong darah hari ini bisa terpenuhi hingga berakhir pukul 15.00 WIB.

PKP EXPO

“Antusias masyarakat untuk ikut berdonor darah sangat tinggi, ini diluar perkiraan kami, semoga bisa mengumpulkan 350 kantong darah untuk hari ini,” tambah Acun Tan.

Saufa J Tan yang juga sebagai Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Batam mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Batam, kami terus berkontribusi kepada masyarakat melalui program donor darah yang digelar setiap tahun.

“Masyarakat Batam dan warga marga Tionghoa pada khususnya makin sadar manfaat positif menjadi pendonor darah, manfaatnya banyak untuk diri sendiri dan masyarakat umum secara luas,” ucap Saufa.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga Kota Batam dan anggota Marga Tan yang mendukung dan berpartisipasi menyumbangkan darahnya untuk menolong masyarakat yang membutuhkan.

“Terimakasih kepada semua masyarakat dan pengurus serta semua pendukung yang terlibat. Ini bentuk kepedulian kita bersama untuk membantu ketersediaan darah di Batam,” ujarnya

Kepala UDD PMI Batam, dr. Novia memberi apresiasi kepada penyelenggara, Novia mengatakan, stok darah di PMI terus menipis. Situasi pandemi yang belum reda dan sebentar lagi memasuki ramadan permintaan darah ke PMI sangat tinggi, dengan stok darah yang tersedia tidak mencukupi.

“Permintaan darah dari PMI terus meningkat, terlebih jelang masuk ramadan, sementara ketersediaan stok darah sangat berkurang hampir semua jenis golongan darah karena berkurangnya pendonor. Semoga hari ini bisa mengumpulkan banyak kantong darah,” ungkap Novia di sela-sela melayani calon pendonor darah.

Kegiatan donor darah oleh PMI dan Perkumpulan Marga Tan Kota Batam itu juga didukung oleh One Batam Mall dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam. Masyarakat yang telah berhasil mendonorkan darah juga diberi buah tangan berupa beras 5 Kg. (Yusuf Riadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24