Pemko Gelar Banyak Iven Menarik di HJB ke 193, Usung Tema Batam Kota Baru

HARRIS BARELANG

BATAM – Saban tahun, Hari Jadi Batam (HJB) diperingati pada tanggal 18 Desember. Tahun ini, memasuki masa ke-193 tahun.

Menyemarakkan HJB ke-193, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menghelat berbagai kegiatan. Adapun tema yang diusung kali ini yakni “Batam Kota Baru”.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Yusfa Hendri mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam menyemarakkan HJB ke-193.

Adapun rangkaian peringatan HJB antara lain diisi kegiatan lomba foto, menulis dan video pendek yang sudah di mulai sejak tanggal 5 Desember 2022 sampai dengan 12 Desember 2022, untuk lomba menulis dan foto masing-masing memperebutkan total Rp 6 juta.

Sementara, untuk lomba VLOG memperebutkan 11 juta dengan rincian juara 1 Rp 5 juta, juara 2 sebesar Rp 3 juta dan juara 3 Rp 2 juta dan pemenang favorit Rp 1 juta.

“Ayo meriahkan HJB ke 193 tahun ini. Segera mendaftar, jangan ketinggalan,” ujar Yusfa.

Kegiatan lain, yakni zarah ke Makam Zuriat Nong Isa yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2022 pada pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Selanjutnya, tanggal 17 Desember 2022 pada pukul 14.00 akan ada agenda pawai budaya dengan rute star di Bundaran Madani dan Finis di Dataran Engku Putri Batam Centre yang menampilkan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia dan pukul 19.00 WIB dengan agenda Batam Batik Fashion Week yang berkolaborasi Dekranasda dan Disperindag Kota Batam dilaksanakan di Jalan Engku Putri Batam Center.

Upacara HJB sendiri, akan digelar pada 18 Desember 2022 pada pukul 07.30 WIB di Alun-Alun Engku Putri Batam Center, yang diikuti seluruh ASN Pemko Batam dan pukul 10.00 WIB. Setelahnya, juga ada rapat paripurna istimewa bertempat di DPRD Kota Batam.

Rangkaian terakhir pukul 19.00 WIB di Best Western Premier Panbil Batam agenda Malam Anugerah Batam Madani.

“Malam Anugerah Batam Madani ini merupakan pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Batam,” jelasnya.

Karena itu pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dengan pemasangan umbul-umbul, spanduk dan sebagainya.

Seluruh pegawai pemerintah, instansi vertikal, BUMN/BUMD dan swasta di Kota Batam diimbau untuk berpakaian kurung melayu lengkap pada hari kerja mulai 12 Desember 2022 hingga 18 Desember 2022.

“Mari kita bersama-sama menyemarakkan HJB ke-193, semoga Batam menjadi Kota Baru yang modern segera terwujud,” tutupnya.(MCB)

FANINDO

Honda Capella