Momen Peringatan HPN 2023, Ryky: Peran Media Hadapi Tahun Politik

Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam meyerahkan nasi tumpeng kepada salah seorang Jurnalis Karimun, pada syukuran peringatan Hari Pers Nasional ke-77 tahun 2023, di Rupatama Mapolres Karimun.(Foto: Aman)
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kapolres Karimun AKBP Ryky Widya Muharam menggelar syukuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-77 tahun 2023.

Pelaksanaan kegiatan yang rutin dilaksanakan tanggal 9 Februari setiap tahunnya tersebut, dihadiri oleh Jurnalis Karimun, baik media cetak, online maupun media elektronik dan radio.

Perayaan Hari Pers Nasional 2023 kali mengusung tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat”.

Pada peringatan HPN ke-77 ini merupakan pilar pelekat demokrasi dalam menegakkan kebebasan yang bertanggungjawab di sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kapolres Kairmun AKBP Ryky Widya Muharam meminta agar media untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Polri.

“Memberikan kontribusi ikut membangun daerah, sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bersama TNI-Polri,” kata Kapolres, Jum’at (10/2/2023).

Untuk itu, Kapolres meminta kepada seluruh media, agar bersama-sama dapat meminimalisir terjadinya berita hoaks.

Karena kata Kapolres maraknya berita hoaks, terutama di media sosial perlu menjadi perhatian atensi bersama.

“Tidak hanya bagi pemerintah, masyarakat pun dituntut untuk lebih berhati-hati dalam menerima dan menyebarluaskan suatu berita,” paparnya.

Terlebih, menurutnya di era yang kini serba teknologi dan digitalisasi, termasuk media sosial, berbagai informasi tersebar dengan mudahnya.

“Saring sebelum sharing, jadi hal yang penting untuk mencegah peredaran berita hoaks,” tegasnya.

Masih kata Kapolres, lebih rentan lagi menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang, sangat rawan terhadap berita dan informasi yang membuat situasi tidak nyaman dan aman.

“Situasi politik menjelang pemilu tahun 2024 cukup menghangat, hingga media perlu ambil langkah dalam menyaring informasi. Salah satunya dengan kontribusi media massa dalam pemberitaan, agar isu politik tidak makin memanas,” tandasnya.

Untuk itu, Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar perlu berhati-hati dalam mempercayai suatu berita di medsos, terutama di bidang politik dan sosial.

Pasalnya tidak sedikit, adanya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab menyebarkan berita bohong.

“Sekarang ini orang tidak hanya mencari kebenaran, tapi orang juga mencari dukungan terhadap keyakinan dan kepercayaan suatu informasi,” tandasnya.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG