Sekda Jefridin Resmikan Pencanangan Kampung Germas, Harapkan Kegiatannya Diadakan Sistematis dan Terencana

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. terus mengkampanyekan gaya hidup sehat pada masyarakat Kota Batam. Hal ini disampaikan Jefridin saat mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meresmikan Pencanangan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Fasum RW 001 Perum. Citra Batam, Teluk Tering, Batam Kota, Sabtu (2/9/2023).

“Germas ini adalah program nasional, dimana menginstruksikan Kepala Daerah sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017, sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat. Maka ini merupakan konsen dari Pak Wali Kota, Muhammad Rudi,” ujarnya.

Jefridin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Camat, Kepala Puskesmas, RT/RW dan penggiat kesehatan, sudah menggandeng masyarakat untuk menerapkan hidup sehat.

“Hari ini pencangangan germas di Kelurahan Batam Kota semua sudah terbentuk germasnya. Dari 64 kelurahan di Kota Batam, hari ini pencanangan ke 38,” papar Jefridin.

Jefridin berharap kegiatan Germas ini dapat diadakan secara sistematis dan terencana, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan menerapkan 7 pilar germas.

“Untuk kita sehat ada 7 pilar germas. Hindari rokok, giat olahraga, penting bagi kita cek kesehatan secara berkala, dan jaga lingkungan kita supaya terap bersih,” jelas Jefridin kepada masyarakat Kelurahan Teluk Tering.

Adapun 7 pilar germas, melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Ketua Germas Citra Batam, Anis menyampaikan terima kasih dan berharap melalui pencanangan ini warga Citra Batam dapat membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat.(MCB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG