Dinkes Anambas Siapkan Ruangan Untuk Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024

Dinkes Anambas Siapkan Ruangan Untuk Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024
Dinkes Anambas Siapkan Ruangan Untuk Caleg Depresi Pasca Pemilu 2024


WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Dinas Kesehatan Kepulauan Anambas ( Dinkes Anambas ) telah menyiaplan satu ruangan khusus bagi Calon anggota legislatif (Caleg) yang kejiwaannya terganggu akibat gagal pada Pemilu 2024. Fasilitas ini kerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Kepulauan Anambas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kepulauan Anambas Islam Malik membenarkan akan ada dua ruangan khusus bagi Calon anggota legislatif (Caleg) yang depresi atau mengalami gangguan kejiwaan pasca Pemilu 2024.

“Kami pemerintah sudah menyiapkan dua ruangan khusus yaitu di RSUD Tarempa, meskipun sudah kita siapkan, semoga saja tidak ada Caleg kita yang Depresi maupun gangguan kejiwaan pasca Pemilu ini,” ucapnya.

Sementara itu Direktur RSUD Anambas dr. Rini G.C membenarkan bahwa ruangan khusus yang di siapkan oleh RSUD Anambas untuk mengantisipasi melonjaknya Caleg pasca Pemilu 2024 yang gagal dan mengalami stress akibat tidak terpilihnya sebagai Calon Legislatif di Pemilu 2024.

“Pergelaran pesta demokrasi (Pemilu), kita dari RSUD Anambas selalu mempersiapkan ruangan khusus untuk para Caleg gagal, meskipun sudah kita siapkan ruangan khusus kami berharap tidak ada Caleg yang stress pasca Pemilu 2024 mendatang,” ucapnya kepada TVRI, Rabu (29/11/2024).

Untuk ruangannya nanti berada di sebelah UGD RSUD Anambas, ketersediaan ruangan khusus bagi Caleg gagal yang depresi bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama kepada para Caleg yang mengalami gangguan kejiwaan.

Meskipun pesta demokrasi pada Pemilu 2019 lalu tidak ada caleg gagal yang masuk rumah sakit, akan tetapi pihaknya akan tetap menyiapkan layanan tersebut untuk hal antisipasi dan kesiapan pemerintah untuk memberikan pelayanan.

“Kita persiapkan ini karena beberapa caleg itu kadang-kadang ada beberapa yang dia bercita-cita terpilih, harapannya besar, kenyataannya dia gagal. Nah, itu yang kita antisipasi dengan menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan, jika kondisinya semakin parah, maka pemerintah daerah melalui Dinas Sosial dan Dinkes Anambas akan memberikan rekomendasi rujukan ke RS di luar daerah yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News