Antisipasi Kecurangan BBM Subsidi, Polres Pasaman Barat Gelar Patroli di SPBU

Antisipasi Kecurangan BBM Subsidi, Polres Pasaman Barat Gelar Patroli di SPBU
Anggota Polres Pasaman Barat sedang memeriksa keaslian BBM SUbsidi di salah satu SPBU di Pasaman Barat (foto polres pasaman barat)
HARRIS BARELANG

PASAMAN BARAT – Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat, menggelar patroli dalam upaya pengecekan stok Bahan Bakar Minyak (BBM). Serta mencegah penyalahgunaan BBM subsidi di wilayah hukumnya, pada Jumat (29/3/2024).

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, menjelaskan bahwa patroli tersebut dilaksanakan di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Pasaman Barat.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi segala bentuk kecurangan atau penyalahgunaan BBM subsidi yang dapat merugikan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri.

“Pendistribusian BBM bersubsidi di SPBU harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan tidak boleh terjadi kecurangan,” ungkapnya.

Menyikapi berita viral mengenai campur tangan air dalam BBM di beberapa SPBU, Kapolres Pasaman Barat memerintahkan polisi untuk melakukan pengecekan langsung di SPBU yang berada di wilayahnya. Patroli dilakukan di 10 SPBU yang tersebar di berbagai kecamatan di Pasaman Barat.

Hasil monitoring menunjukkan bahwa penjualan BBM bersubsidi sudah menggunakan mesin edisi yang memungkinkan data pengisian BBM terhubung langsung ke PT. Pertamina, sehingga peluang terjadinya kecurangan dapat diminimalisir.

BBM subsidi ini umumnya digunakan oleh kendaraan angkutan umum, kendaraan barang, dan pertanian di wilayah Pasaman Barat. Sampai saat ini, tidak ditemukan indikasi kecurangan dalam penjualan BBM subsidi, dan tidak ada SPBU yang mencampurkan air ke dalam tangki BBM.

Dengan patroli ini, Polres Pasaman Barat berupaya menjaga ketersediaan dan kualitas BBM subsidi serta melindungi kepentingan konsumen dari praktik-praktik yang merugikan. Semoga langkah-langkah ini dapat memberikan keamanan dan kepastian bagi masyarakat pengguna BBM subsidi di wilayah Pasaman Barat. (taufik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG