Polres Anambas Sidak Pengusaha BBM untuk Cegah Kecurangan dan Pastikan Ketersediaan

Polres Anambas Sidak Pengusaha BBM untuk Cegah Kecurangan dan Pastikan Ketersediaan
Polres Anmabas dan jajaran Polsek, serentak melakukan sidak ke sejumlah pengusaha BBM untuk memastikan tidak adanya kelangkaan BBM (foto polres anambas)
HARRIS BARELANG

ANAMBAS – Polres Kepulauan Anambas dan jajaran Polsek melakukan sidak ke sejumlah pengusaha BBM, Sabtu (30/3/2024). Menurut Kapolres Anambas AKBP Apri Fajar Hermanto, sidak untuk memastikan tidak adanya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Kasi Humas Polres Kepulauan Anambas, IPTU Raja Vindho Valentino, menyampaikan bahwa tujuan dari sidak dan patroli ini adalah untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan kebutuhan masyarakat secara umum. Selain itu, juga untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam penjualan BBM menjelang arus mudik Lebaran 2024.

BACA JUGA: Perjalanan Gelap: Kisah Para ‘Raja’ Penagih Utang Indonesia Timur

Kapolsek Jemaja, AKP Joko Setiasno, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan monitoring stok dan harga BBM di SPBU Nelayan Desa Landak. Hal ini dilakukan mengingat mendekati hari Lebaran, dimana kebutuhan masyarakat terhadap BBM, khususnya jenis Pertalite, akan meningkat.

“Kami berharap agar penjualan BBM dapat diperhatikan takaran dan tidak ada yang menyalahgunakan penjualan untuk menghindari kerugian bagi masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Villa Panbil: Hunian Mewah Bergaya Bali dengan Sentuhan Modern di Kota Batam

Di Polsek Palmatak, Kapolsek IPTU Aang Setiawan, S.H, menyatakan bahwa dari hasil pengecekan mereka belum menemukan adanya penyimpangan atau kecurangan dalam penjualan BBM. Peralatan pengisian BBM juga dalam kondisi baik.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas, karena dengan pengetahuan mengenai produk yang benar, mereka dapat menjadi kontrol terhadap pelaku usaha,” pesannya.

Sementara di Polsek Siantan, Kapolsek IPTU Gunawan Husein, S.H, menyampaikan bahwa pengecekan tersebut dilakukan sebagai respons terhadap tindak pidana dan praktik kecurangan di SPBU yang terjadi sebelumnya, seperti pencampuran BBM dengan air.

“Pengecekan ini merupakan upaya antisipasi agar tidak terjadi kecurangan dalam penjualan BBM. Jika ada pelanggaran, akan ditindak tegas karena merugikan konsumen,” tegasnya. (rama)

# sidak pengusaha bbm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG