Tabligh Akbar Awali Rangkaian Pembukaan FESyar Sumatera 2024 di Kota Batam

Tabligh Akbar dengan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. memulai rangkaian kegiatan FESyar Sumatera 2024 (foto mc kepri)

KEPRI – Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera 2024 resmi dimulai dengan kegiatan Tabligh Akbar. Acara berlangsung di Lapangan Parkir Downtown Harbour Bay, Kota Batam, Minggu (26/5/2024) malam.

Acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan tamu kehormatan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf.

FESyar Sumatera 2024, agenda tahunan Bank Indonesia untuk mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders.

PKP EXPO

Acara dihadiri oleh Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Imam Hartono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia dari Sumatera Utara, Aceh, Pematang Siantar, Sibolga, Riau, perwakilan FKPD Kepri, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menekankan pentingnya penerapan konsep ekonomi syariah yang berlandaskan prinsip keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan.

“Ekonomi syariah dapat menegakkan keadilan dan persaudaraan, yang pada akhirnya melahirkan kesetaraan pendapatan sesuai dengan ajaran Islam,” ujarnya.

Gubernur Ansar juga mengajak para pelaku UMKM di Kepri untuk mulai menerapkan sistem ekonomi syariah dalam berbagai transaksi usaha mereka.

Beliau menambahkan bahwa Kepri, dengan masyarakatnya yang heterogen, telah berhasil mempertahankan tingkat toleransi yang tinggi, yang merupakan modal penting dalam pembangunan provinsi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Suryono, menyampaikan bahwa Tabligh Akbar ini merupakan bagian dari rangkaian FESyar 2024 Regional Sumatera yang berlangsung berkat dukungan luar biasa dari Pemprov Kepri dan seluruh kabupaten/kota se-Kepri.

“FESyar 2024 diharapkan menjadi penggerak ekonomi syariah di Provinsi Kepri, menuju Indonesia Shariah Economic Festival (ISEF),” kata Suryono.

FESyar Regional Sumatera akan berlangsung dari 26 Mei hingga 2 Juni 2024 di Kota Batam, dengan berbagai kegiatan selama sepekan.

Acara ini meliputi Indonesia International Halal Chef Competition, pameran UMKM dan bazar, fashion show, seminar keuangan dan ekonomi syariah, seminar optimalisasi dana Ziswaf, seminar penguatan ekosistem produk halal, seminar pemberdayaan usaha syariah, lomba kreasi sholawat, stand up comedy, lomba mewarnai, lomba adzan, lomba dai cilik, hingga lomba dakwah ekonomi syariah.

Selama Tabligh Akbar, para hadirin dan jamaah turut mengumandangkan sholawat bersama Habib Syech, termasuk sholawat Nariyah, sholawat Busyro, dan lagu religi Alangkah Indahnya, yang semakin meriah dengan iringan lampu flight dari handphone para jamaah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24