Polda Jateng Razia “Kampung Maling” di Pati, Usai Bos Rental Tewas Dikeroyok

Polda Jateng Razia "Kampung Maling" di Pati, Usai Bos Rental Tewas Dikeroyok
polda Jateng merazia Desa Sukolilo Pati yang disebut juga dengan Kampung Maling di Google Map (ist)

PATI – Desa Sukolilo dan sekitarnya di Kecamatan Pati, yang di Google Maps dijuluki sebagai “kampung maling”, dirazia oleh Polda Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (13/6/2024).

Razia ini dilakukan setelah seminggu sebelumnya, seorang bos rental mobil asal Jakarta, Burhanis (52), tewas dikeroyok warga desa tersebut.

Burhanis tewas pada Kamis (6/6/2024) setelah diteriaki maling oleh warga saat ia sedang mengambil mobilnya sendiri di rumah seorang warga. Mobil tersebut berhasil dilacak melalui alat GPS. Saat mengambil mobilnya, Burhanis diteriaki ‘maling’ dan dikeroyok hingga tewas.

KPU KEPRI

Dalam razia tersebut, puluhan petugas dikerahkan untuk menyisir tiga kecamatan di Pati, yakni Sukolilo, Trangkil, dan Tambakromo. Daerah ini diduga menjadi sarang penyembunyian mobil dan motor bodong oleh sindikat penggelapan kendaraan rental dan leasing.

Polisi berhasil mengangkut puluhan sepeda motor dan beberapa mobil.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jateng Kombes Johanson Ronald Simamora membenarkan adanya operasi gabungan tersebut.
“Kami sita enam mobil dan 23 motor dalam operasi ini,” ujarnya seperti dikutip tribunnews, Sabtu (15/6/2024).

Selain kendaraan, polisi juga menangkap tiga orang yang diduga terlibat dalam praktik penggelapan dan penadahan.

Polisi juga mengejar empat orang lainnya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait pembunuhan Burhanis.

Salah satu tersangka yang sudah ditangkap adalah Aris Gunawan, warga Sumbersoko, yang terakhir membawa mobil Honda Mobilio milik Burhanis. Aris Gunawan terlibat dalam pengeroyokan Burhanis hingga tewas.

“Kami masih memburu empat orang tersangka. Jika tidak menyerahkan diri, kami akan lakukan tindakan tegas terukur,” kata Johanson Ronald Simamora.

Seperti diberitakan sebelumnya, Burhanis, pemilik Rental Mobil Mitra Cempaka di Kemayoran, Jakarta Pusat, tewas dikeroyok sindikat penggelap mobil rental saat mencoba mengambil mobilnya yang digelapkan pelaku di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Pati.

Polresta Pati telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah EN (51), BC (37), AG (Aris Gunawan, 34), dan M (37).

Keempat tersangka ini dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. (*den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO