Wasit Bermasalah Felix Zwayer Pimpin Laga Semifinal Euro 2024 Antara Inggris vs Belanda

Wasit Bermasalah Felix Zwayer Pimpin Laga Semifinal Euro 2024 Antara Inggris vs Belanda
Wasit Felix Zwayer asal Jerman akan memimpin laga semifinal Belanda vs Inggris. Felix pernah terlibat masalah, skandal suap (reuters)

BATAM – Pertandingan semifinal Euro 2024 antara timnas Inggris dan timnas Belanda akan dipimpin oleh wasit Felix Zwayer, yang pernah terlibat skandal suap. Bentrokan tersebut dijadwalkan berlangsung di BVB Stadion Dortmund pada Rabu (10/7/2024) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Laga ini menjadi perjumpaan ke-32 antara Inggris dan Belanda dalam semua kompetisi. Selain sejarah pertemuan kedua tim, perhatian juga tertuju pada wasit yang akan memimpin pertandingan, Felix Zwayer.

Wasit asal Jerman ini memiliki histori buruk dengan bintang The Three Lions, Jude Bellingham. Pada tahun 2005, Zwayer mengaku menerima suap sebesar 300 euro (Rp 5,2 juta) dari sesama wasit Robert Hoyzer, yang berujung hukuman larangan memimpin pertandingan selama enam bulan.

KPU KEPRI

Pada tahun 2021, Zwayer memimpin laga ketika Borussia Dortmund yang diperkuat Bellingham dikalahkan Bayern Muenchen 2-3. Selepas pertandingan, Bellingham secara blak-blakan mengkritik kinerja Zwayer sambil mengungkit masa lalunya.

“Anda bisa melihat banyak keputusan dalam pertandingan,” ujar Bellingham, pria kelahiran Stourbridge itu.

“Anda membiarkan seorang wasit, yang dulu terjerat kasus suap, untuk memimpin laga terbesar di Jerman. Apa yang Anda harapkan?”

Akibat pernyataannya, Bellingham didenda 40 ribu euro oleh otoritas sepak bola Jerman, sementara Zwayer mengambil istirahat dua bulan dari sepak bola.

Di Euro 2024, Zwayer telah memimpin tiga pertandingan, termasuk laga antara Belanda dan Romania. Dia juga bertugas dalam pertandingan Italia versus Albania dan Turki melawan Portugal. Secara total, Zwayer telah menjalani 648 pertandingan selama kariernya.

Pertandingan semifinal ini dipastikan akan menarik banyak perhatian, bukan hanya karena pertemuan dua tim kuat, tetapi juga karena sejarah dan kontroversi yang menyertai wasit yang memimpin laga. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO