Kalahkan Prancis 2-1, Spanyol Maju ke Final Euro 2024

Kalahkan Prancis 2-1, Spanyol Maju ke Final Euro 2024
Spanyol melangkah ke final Euro 2024 setelah mengalahkan Prancis 2-1 (reuters)

BATAM – Timnas Spanyol berhasil mengalahkan Timnas Prancis, 2-1, dalam pertandingan babak semifinal Euro 2024 yang berlangsung di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Sejak awal pertandingan, Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan melalui kecepatan pemain sayap mereka. Peluang pertama La Furia Roja datang saat laga baru berjalan lima menit ketika sundulan Fabian Ruiz, yang menerima umpan silang dari Lamine Yamal, melambung di atas mistar gawang Prancis.

Namun, Prancis mampu membuka skor lebih dulu pada menit ke-9 melalui gol Randal Kolo Muani. Umpan silang akurat dari Kylian Mbappe disambut dengan sundulan oleh Kolo Muani yang membawa Les Bleus unggul 1-0.

KPU KEPRI

Keunggulan Prancis tidak bertahan lama. Pada menit ke-21, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Yamal. Tendangan kaki kiri melengkung dari winger berusia 16 tahun ini tidak memberi kesempatan bagi Mike Maignan untuk melakukan penyelamatan.

Gol tersebut membuat Yamal menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah turnamen dengan usia 16 tahun dan 362 hari.

Empat menit kemudian, Spanyol berbalik unggul melalui gol bunuh diri Jules Kounde. Dani Olmo dengan cerdik bermanuver di dalam kotak penalti lawan sebelum melepaskan tembakan keras ke tiang jauh.

Bermaksud menghalau bola, Kounde justru membelokkan bola hasil sepakan Olmo ke gawang sendiri. Skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, Prancis meningkatkan intensitas serangan dan melakukan high pressing di garis pertahanan Spanyol. Namun, taktik ini nyaris berakibat fatal pada menit ke-46 ketika Nico Williams lepas dari pengawalan bek Prancis, memaksa Maignan harus berlari jauh ke luar kotak penalti untuk menutup pergerakan Williams.

Prancis terus menekan dengan sundulan Aurelien Tchouameni pada menit ke-50 yang mengarah tepat ke penjaga gawang Spanyol, Unai Simon. Tembakan kaki kanan Mbappe tujuh menit berselang juga tidak membuahkan hasil.

Ousmane Dembele merangsek dari sayap kanan sebelum melepaskan sepakan ke gawang pada menit ke-60, namun bisa ditepis Simon.

Pada menit ke-75, Theo Hernandez melepaskan sepakan kaki kanan yang masih melambung di atas mistar gawang. Lima menit berselang, Yamal melepaskan tembakan kaki kiri yang masih belum menemui sasaran. Pada menit ke-85, giliran tendangan kaki kanan Mbappe yang melambung di atas mistar gawang Spanyol.

Spanyol mampu mempertahankan keunggulan hingga laga usai dan berhasil melaju ke partai final Euro 2024. Pertandingan ini menunjukkan kekuatan dan ketangguhan La Furia Roja dalam menghadapi tekanan dari salah satu tim terbaik di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO