Bawaslu Kepri ajak Wartawan Memantau Kecurangan Pemilu dan Money Politik



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id TANJUNGPINANG – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Banwaslu) Propinsi Kepulauan Riau melaksanakan Media Gathering bersama insan Pers dalam pengawasan tahapan pemilu tahun 2019, Senin (5/3/2018) di Rumah Makan Bundo Kandung Jalan Sukarno Hatta Tanjungpinang.

Sejalan dengan kegiatan ini dilaksanakan diskusi bersama insan pers. Ketua Banwaslu Provinsi Keperi M. Sahjri Papene mengharapkan ada kerja sama yang baik antara media dan Banwaslu sebagai pelaksana pengawasan pemilu, agar terciptanya pemilu aman dan damai.

“Peran media dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu sangat diperlukan, ini merupakan kegiatan pertama kami dengan media setelah kami dilantik,” kata Sahjri.

Sementara itu, Koordinator SDM dan Organisasi, Bawaslu Kepri, Rosnawati mengatakan, Bawaslu Kepri akan membuka seleksi penerimaan Komisioner Bawaslu ditingkat Provinsi dan 7 Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau untuk melengkapi kekurangan personil Bawaslu Kepri saat ini.

“Bulan April kami akan membuka seleksi personil untuk pengawasan pemilu di tingkat Provinsi, untuk persyaratan penerimaan calon Komisioner Bawaslu Kepri masih menunggu terbentuknya Tim Pansel oleh Bawaslu Pusat. Setelah Komisioner Bawaslu Privinsi terpenuhi baru di tingkat Kabupaten Kota juga akan dilaksanakan perekrutan Komisioner baru,” jelasnya.

Diharapkannya, adanya kerja sama yang baik Banwaslu sebagai penyelengara pemilu bersama media untuk mewujutkan Pilkada Damai dan tolak politik uang dan sara.

“Peran media dalam pengawasan pemilu tidak jauh berbeda dengan Banwaslu, hanya saja Banwaslu diberi kewenangan untuk menindak lanjuti hasil temuan masarakat di lapangan terkait kecurangan pemilu,” ujarnya.

Ditambahkannya, semakin banyak yang melakukan pengawasan pemilu semakin kecil kemungkinan akan melakukan kecurangan-kecurangan dalam berpolitik.

Dalam kesematan itu juga Idris sebagai koordinator dipisi pengawasan dan hubungan antar lembaga, menuturkan, Banwaslu merupakan badan yang mempunyai mandat untuk mengawali pemilu untuk melakukan pencegahan terjadinya kecurangan dalam pemilu.

“Untuk mengawali pemilu damai kita telah melakukan sosialisasi, seperti melaksanakan deklarasi pemilu damai,” tutpnya.(*)

(Yansyah)

[socialpoll id=”2480728″]



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA