Satgas TMMD Pulas Monumen Perjuangan Sikumpul-Kalibening

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.CO.ID, BANJARNEGARA – “Monumen Perjuangan Penghadangan Belanda Sikumpul-Kalibening” Adalah Monumen Perjuangan yang didirikan guna mengenang keberanian, pengorbanan dan pengabdian pasukan Corps Armada IV Subweirihkreise V Slamet saat menghadang Tentara Belanda pada 12 Agustus 1949 silam.

“Sebagai anggota TNI dan Satgas TMMD Reguler, kami berkewajiban menghormati para pejuang pendahulu perebut kemerdekaan bangsa, dengan melanjutkan perjuangan mempertahankan kedaulatan NKRI. Serta mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” ungkap Serda Dwiyanto saat melaksanakan pengecatan Monumen Perjuangan Penghadangan Belanda Sikumpul Kalibening. Minggu (5/7/18).

Di samping melaksanakan tugas utamanya membangun Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum melalui program TMMD Reguler 102 Banjarnegara, Dwiyanto yang merupakan Babinsa Koramil 06 kalibening Kodim 0704, mengajak warga masyarakat Desa Sikumpul melaksanakan pembersihan dan pengecatan monumen yang terletak 1 Km di sebelah utara Polsek Kalibening.

Monumen itu jika ditempuh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Banjarnegara/Alun-alun, melewati Jalan Raya Banjarnegara-Pekalongan berjarak 26,4 kilometer dalam waktu tempuh 1 jam 15 menit. Upaya pembangunan tidak hanya di desa sasaran TMMD saja, namun tugasnya sebagai Babinsa, juga harus dilaksanakan dalam membangun desa binaannya. Warga setempat menyebut monument itu dengan sebutan “Tugu Srengsen”.

Terlihat salah satu tokoh pemuda sekaligus wiyata bhakti di SDN 2 Sikumpul, Mei Prabowo (40) Rt. 1 Rw. 5 ikut melaksanakan kegiatan.

Sementara dikatakan Kades Sikumpul, Mukhlis (46) bahwa pihaknya dan warga masyarakat setempat sangat mengapresiasi upaya yang TNI lakukan dalam membangun desa tetangganya, Desa Pasegeran melalui TMMD Reguler 102. Ia juga sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian Babinsa dalam membersihkan dan pengecatan ulang Tugu Srengsen sejarah perjuangan bangsa yang selalu dikenang oleh masyarakat Sikumpul dan sekitarnya. (*)

Sumber : Pendim0704bna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG