Positif Corona Terus Bertambah di Batam, Pak Wali Terapkanlah PSBB, Himbauan Saja Tidak Ampuh

1525
Zulfahmi

WARTAKEPRI.co.id – Kasus Positif seorang pedagang keliling yang menjajalan dagangan sekitar Wilayah Perumahan Taman Raya Kecamatan Batam Kota, menunjukan warga Batam tidak “Takut” dengan Wabah Corona. Belum dipastikan darimana pedangan yang juga bertugas sebagai garin di masjid tersebut terjangkit.

Tidak takut karena, lebih pentingnya perputaran roda ekonomi di rumah dari pada tidak makan, atau menunggu bantuan dari pihak pemerintah daerah atau pusat.

Dan hasilnya, Ratusan warga di Perumahan Taman Raya Tahap V, Batam Kota, menjalani rapid test covid-19, Selasa (5/5/2020) pagi. Rapid test dilakukan setelah adanya warga perumahan tersebut yang merupakan penjaga masjid dinyatakan positif covid-19.

Kasus lain penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bengkong juga jadi pertanyaan dan ketakutan masyarakat. Satu positif Corona di Kecamatan Bengkong Batam, meninggal beberapa hari lalu. Kasus DD tersebut juga tidak ketahui terjangkit dari mana, namun yang pasti DD Ketua sebuah organisasi daerah di Kecamatan Bengkong ini aktif bagi bagi sembako dan juga rajin Tarawehan di masjid.

Berlatar dua kasus diatas, dibutuhkan ketegasan dari Walikota Batam menentukan status Covid-19 saat ini. Walikota Batam jangan ragu-ragu dan berani ambil sikap. Mau Pembatasan Sosial Berskala Besar, atau mengumumkan status Batam Kota Batam masih aman terkendali.

Pemandangan, Sore hari jelang berbuka puasa memperlihatkan aktifitas sangat tinggi Warga keluar rumah. Berbelanja kebutuhan Takjil puasa, sangat tidak menerapkan Sosial atau Physical Distancing. Aktifitas normal seperti tidak ada Corona pada Sore Hari.

Jika dilihat skala lebih luas, Batam adalah kota bisnis, kota industri dan butuh kepastian bagaimana, kemana, dan mau apa Batam terkait wabah covid-19 ini. Walikota harus terbuka kepada masyarakat. Kalau memang ada kendala di kementrian, gunakan dan manfaatkan lobby para tokoh Batam yang eksis di tingkat nasional. Apakah itu DPR RI, DPD RI, atau aktifis atau pengusaha.

Semakin lambat Batam mengambil sikap, maka permasalahan covid19 ini akan semakin tidak jelas dan ini akan bisa berdampak sangat negatif terhadap Batam.

Sebenarnya secara geografis Batam diuntungkan karena berbentuk Pulau. Batam akan lebih mudah mengunci daerahnya. Tutup bandara, tutup pelabuhan, selesai.

Batam juga diuntungkan oleh sikap Singapor dan Johor Malaysia sebagai pintu arus masuk orang asing yang begitu ketak dan disiplin menjalankan lock down. Jadi arus masuk orang dari luar negeri ke Batam dapat dikendalikan. Masak hanya untuk amankan Batam secara lokal saja kita tidak mampu?

Disisi lain, rasa TIDAK takut masyarakat Batam akan Virus Corona pada sore hari ini harus dipahami bersama masyarakat Batam.
Peran pemerintah kota hanya bisa menghimbau saja saat, tidak bisa bertidak tegas, karena belum berlaku aturan PSBB di Kota Batam.

Cerita keuangan Daerah Kota Batam anjlok seiring dengan roda pariwisata di Batam juga anjlok, membuat pemasukan Pemerintah Daerah juga menurun. Kekurangan dana ini, ternyata dapat dilihat belum mampu keuangan pemerintah daerah memberikan kebutuhan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Dan, jika hanya terus bersifat himbauan tanpa pelarangan tegas, maka RASA TIDAK TAKUT Warga Batam akan Virus Corona ini tetap ada. Dampak negatifnya, secara perlahan tapi pasti, jumlah Kasus Positif akan terus bertambah.

Semua ini kembali ke Kebijakan Walikota Batam dan jajarannya. Berjuang penerapan PSBB, atau tetap berupa Himbauan terus menerus. Lalu untuk Masyarakat Kota Batam, jika memang pilihan Walikota Batam tetap berupa himbauan, maka Kesadaran Anda untuk malaksanakan Hibauan tersebut benar benar dilaksanakan.

Jurubicara Penanggulangan Covid-19 Pusat Jurianto menjelaskan, jika satu orang Positif Covid-19 maka minimal orang tersebut bisa berpotensi menularkan 5 orang per hari jika orang tertular tersebut tidak pakai masker dan jaga kebersihan. Itu minimal.

Jadi, apakah Anda masih Tidak Takut? atau tetap menyerahkan nasib Anda pada Takdir dan Tuhan YME.(*)

Zulfahmi
Praktisi Media WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel