Kini Hadir Paket Wisata Gowes 3 Pulau di Batam, Bersepeda Plus Kuliner Melayu hingga Durian

1345
WartaKepri - Gowes Antar Pulau di Batam

WartaKepri.co.id, BATAM – Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Kepri meluncurkan paket wisata Gowes sejauh 25K menjajal gugusan pulau-pulau yang terdapat di Kota Batam, Minggu (26/7/2020) kemarin. Paket wisata ini diluncurkan guna membangkitkan kembali sektor pariwisata Batam yang lesu akibat pandemi corona.

Penyelenggara membidik destinasi wisata Cik Puan di pulau Bulang Lintang sebagai tujuan akhir para peserta yang berangkat dari titik start di pelabuhan Sagulung, Batu Aji, Kota Batam. Untuk mengikuti Gowes ini, para peserta diwajibkan menggunakan sepeda gunung. Sepeda gunung harus disiapkan calon peserta sendiri.

Paket wisata ini minimal bisa diikuti sebanyak 5 orang peserta dalam sekali booking. Harga pendaftarannya per orang Rp250 ribu, dan terbuka untuk umum. Mereka yang tergabung dalam komunitas Gowes, baik itu turis, maupun warga Batam sendiri dapat mengikuti destinasi bertajuk “Bersepeda Sambil Wisata Tiga Pulau” ini.

Perwakilan Pok Darwis Kepri, Bakrim, mengatakan, peserta yang mengikuti program wisata Gowes ini dituntun oleh penyelenggara untuk berkumpul di pelabuhan Sagulung pada pukul 07.00 WIB. Sebelum berangkat, mereka diberikan pengarahan oleh tour guide mengenai prosedur kegiatan.

“Setelah briefing, peserta antri naik speedboat menuju pulau Tanjung Kubu dengan lama perjalanan 15 menit. Sesampai di pelabuhan Tanjung Keling, Pulau Tanjung Kubu, Gowes dimulai dengan melewati jalan setapak menanjak di perkampungan yang dikelilingi pepopohon jati nan rindang, kebun durian,” Bakrim menjelaskan, Selasa (28/7).

Dari sana, Bakrim melanjutkan, rute Gowes berikutnya menuju ke pulau Bulang Kebam dengan melewati jembatan penghubung. Lokasi ini kata dia terdapat makam keluarga Bendahara Tumenggung Abdul Jamal. Makam ini bisa dikunjungi dengan menempuh jalan setapak yang sudah disemenisasi.

Tak saja itu, di pulau Tanjung Bulang Lintang para peserta juga bakal disuguhi oleh pemandangan perkebunan Dusun Air Buluh dan Dusun Selat Kantang. Di lokasi inilah para peserta nantinya break sembari menikmati santapan makan siang dengan hidangan khas Melayu.

“Setelah makan siang peserta bersiap menuju pelabuhan Tanjung Keling untuk kembali ke pelabuhan Sagulung,” katanya.

Pok Darwis bekerjasama dengan beberapa TRavel Agent di Kota Batam, salah satunya Guciano Travel untuk memperkenalkan paket wisata Gowes ini. Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Guciano Travel di nomor Handphone (Hp) +6282283363884.

Lurah Bulang Lintang, Saptono mengaku senang destinasi wisata yang telah lama direncanakan ini akhirnya bisa terwujud berkat pelaku pariwisata yang telah menghasilkan kerjasama dengan masyarakat setempat.

“Kita harap di sektor ekonomi dapat meningkatakan pendapatan masyarakat, serta memberikan kemajuan terhadap daerahnya, diantaranya memperkenalkan usaha kuliner, hasil perkebunan, peternakan dan membudayakan gowes di tengah pandemi corona saat ini,” kata dia.

Sementara itu, Saut seorang peserta yang telah mengikuti wisata Gowes ini awal diluncurkan kemarin, mengaku dapat pengalaman baru yang menantang dengan medan yang berbeda-beda selain menikmati pemandangan gugusan pulau.

Kata dia, rutenya ada tanjakan dan turunan melewati jalan setapak di dalam perkebunan pohon jati. Ada juga peternakan penduduk, dan sajian kuliner khas warga setempat yang diakuinya menjadi kenangan istimewa.

“Wisata sambil bersepeda dengan melewati rute tiga pulau sekaligus baru ini kali pertama saya ikuti, tentu ini jadi pengalaman baru bagi saya,” katanya.(AMR)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND