3.480 Vial Vaksin COVID-19 akan Disebar pada 15 Titik di Wilayah Kabupaten Karimun

161

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Setibanya di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dengan pengawalan ketat dari TNI-Polri, sebanyak 3.480 vial vaksin COVID-19 Kabupaten Karimun, langsung di bawa menuju gedung nasional.

Pendistribusian vaksin COVID-19 ini berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), nomor 84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19.

Seusai penyerahan vaksin COVID-19, dari Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, yang turut serta dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan bahwa, vaksin COVID-19 tersebut nantinya akan disalurkan kepada daftar prioritas penerima vaksin mulai dari tenaga kesehatan, TNI-Polri, Jajaran Pemerintah Daerah, serta tokoh masyarakat.

“Seluruhnya sudah dipersiapkan, baik sarana maupun prasarana penunjang lainnya, hingga pendistribusian ke pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karimun,” terang Rafiq.

BACA JUGA Kapolda Kepri Aris Budiman Mengaku Sehat dan Bugar Setelah 5 Hari Vaksin Covid 19

Rafiq menyebut, dari 15 titik wilayah yang akan disebar tersebut, 13 diantaranya merupakan Puskemas yang sudah selesai menyimpan vaksin COVID-19 tersebut.

“Satu rumah sakit swasta, dan dua rumah sakit milik Pemkab Karimun, RSUD HM Sani dan RSUD yang terletak di Tanjung Batu, Kundur,” paparnya.

Ungkap Rafiq, Pemkab Karimun sendiri akan menargetkan vaksinasi COVID-19 ini dalam beberapa pekan kedepan. Sehingga penyalurannya akan maksimal.

“Satu bulan kedepan akan segera diselesaikan, dengan penyebaran vaksin COVID-19 hingga merata secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Arif Fadillah mengharapkan, agar Pemkab Karimun segera melakukan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh tenaga kesehatan.

“Karena tenaga kesehatan inilah yang paling riskan tertular sekaligus terjangkitnya COVID-19, sekaligus garda terdepan,” sebut Arif.

Oleh karena itu, menurutnya senjata terakhir dalam melawan penyebaran penularan COVID-19 ini dengan cara melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

“Dengan vaksinasi diharapkan tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok, kekebalan daya tahan tubuh terhadap COVID-19. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, maka akan semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar, karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi dan terjangkit,” tandasnya.(*)

Reporter Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel