Unit Reskrim Polsek Sagulung Ringkus Tiga Pelaku Curanmor

66
Tiga pelaku curanmor yang ditangkap Unit Reskrim Polsek Sagulung. (Photo: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Unit Reskrim Polsek Sagulung yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Iptu Muharka, mengamankan tiga orang laki-laki pelaku tindak pidana curanmor, Selasa (23/11/2021) dini hari tadi.

Tiga pelaku yang berhasil diamankan tersebut masing-masing berinisial AB (38), W (28), dan T (24). Ketiganya diketahui telah melakukan aksi curanmor di dua lokasi berbeda yakni di Sagulung dan Nongsa, Kota Batam.

“Tempat kejadian perkara berbeda dengan waktu yang berbeda pula,” kata Kapolresta Barelang melalui Kapolsek Sagulung Iptu Mohammad Darma Ardiyaniki.

Kapolsek Sagulung menjelaskan TKP di Sagulung terjadi pada tanggal 21 November 2021. Sedangkan untuk TKP Nongsa terjadi pada 10 November 2021.

“Para pelaku mengambil motor korban yang diparkirkan di depan rumah pada malam hari dan siang hari. Korbannya ada dua,” terang Ardiyaniki.

Korban yang mengetahui motornya sudah tidak ada, langsung membuat laporan kepolisian. Berdasarkan itu, Unit Reskrim Polsek Sagulung mulai melakukan penyelidikan di lapangan.

Polisi kemudian mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdapat sepeda motor yang ciri-cirinya mirip dengan salah satu sepeda motor milik korban di daerah Bengkong Abadi Baru, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Para pelaku beserta barang bukti akhirnya berhasil ditangkap. Ketiganya dibawa ke Mapolsek Sagulung untuk diproses lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan polisi berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna putih milik korban berinisial D, 1 unit sepeda motor Honda Beat warna putih milik korban DM, 1 kunci letter Y beserta 2 mata kuncinya yang digunakan pelaku sebagai alat melakukan tindak pidana.

Polisi mengatakan satu dari para pelaku yang ditangkap (AB), merupakan residivis kasus pencurian handphone.

Modus para pelaku beraksi pada malam hari sekira pukul 00.00 sampai dengan 05.00 WIB. Mereka menyasar sepeda motor yang terparkir di pekarangan rumah terbuka dengan cara merusak kunci kontak sepeda motor menggunakan kunci letter Y pada saat pemiliknya sedang istirahat.

Kapolsek Sagulung mengimbau agar masyarakat meningkatkan keamanan terhadap sepeda motor yang terparkir di pekarangan rumah terbuka dengan dilengkapi pagar tertutup, atau kunci ganda pada kendaraan bermotor.

Para pelaku dijerat dengan pasal curanmor sebagaimana dalam pasal 363 KUHPidana. “Ancaman hukumannya pidana maksimal 7 tahun penjara,” demikian Ardiyaniki. (r/taufik)

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel