Polres Bintan Siapkan Call Centre Pungli Urus SIM dan SKCK di 0821-7289-5722

Polres Bintan Pungli SIM dan SKCK
Polres Bintan Pungli SIM dan SKCK

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Polres Bintan menyiapkan call center pengaduan masyarakat, untuk pelayanan tanpa pungutan ( pungli ). Nomor call center aduan masyarakat ini bisa menghubungi pengaduan masyarakat (Dumas), dan call center Propam Polres Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasi Humas Polres Bintan Iptu Misyamsu Alson menjelaskan, segala bentuk pelayanan di Polres Bintan hingga ke jajaran Polsek, tidak ada pungutan liar (pungli).

Jika ada pemberlakuan tarif seperti pelayanan pembuatan SIM dan SKCK, itu merupakan tarif resmi dari pemerintah.

PKP EXPO

“Nah, jika masyarakat saat membuat SIM dan SKCK melakukan pembayaran di luar tarif, dapat menghubungi call center tersebut. Atau datang langsung ke Humas Polres Bintan,” ujar Alson saat memberikan keterangan pers, Minggu (30/10/2022).

“Nomor call center itu, untuk Dumas (pengaduan masyarakat) via WA/telepon ke nomor 0813-7425-4210. Dan nomor call center Propam Polres Bintan, bisa melalui WA/telepon ke 0821-7289-5722,” sambung Alson.

BACA JUGA Tekan Kasus Asusila dan Isu Penculikan Anak, Kapolsek Sekupang Maksimalkan Bhabinkamtibmas

Berdasarkan PP nomor 76/2020 tentang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Polri, berikut tarif resmi pembuatan SIM:

SIM C (baru), Rp100 ribu
SIM C (perpanjangan), Rp75 ribu
SIM A (baru), Rp120 ribu
SIM A (perpanjangan), Rp80 ribu
SIM BI (baru), Rp120 ribu
SIM BI (perpanjang), Rp80 ribu
SIM D (baru), Rp50 ribu
SIM D (perpanjangan), Rp30 ribu
SIM Internasional (baru), Rp250 ribu
SIM Internasional (perpanjangan), Rp220 ribu

Namun, dalam pengurusan SIM tersebut, ada persyaratan yang harus dilengkapi dan proses tes yang harus dilalui, dan calon pengurus harus dinyatakan lulus. Seperti tes psikologi, tes tertulis, tes praktik.

Jika pengurus SIM dinyatakan lulus dalam tes tersebut, baru SIM yang bersangkutan bisa diterbitkan. Tapi, apabila si pengurus tidak melengkapi satu berkas dan tidak lulus satu dari beberapa tes tersebut, maka si pengurus tidak mendapatkan SIM.

“Sedangkan untuk pembuatan SKCK, tarif resminya sebesar Rp30 ribu.

Nah, jika ada pungli dalam pelayanan di Polres Bintan hingga ke jajaran Polsek, silakan mengadu ke call center yang sudah kami sediakan,” kata Alson.(*)

Pengirim: Agus Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG