Cuaca Ekstrim, Polsek Buru Lakukan Pemeriksaan Alat Keselamatan dan Dokumen Transportasi Laut

HARRIS BARELANG

Karimun – Polsek Buru Polres Karimun melaksanakan Pemeriksaan terhadap kapal penumpang yang melintas di perairan wilayah Polsek Buru Polres Karimun. Selasa (29/11/2022)

Adapun pemeriksaan meliputi dokumen kapal, Nakhoda, Abk dan manifest muatan kapal serta alat- alat keselamatan di kapal. Terlihat personil Polsek Buru yang di pimpin oleh Kapolsek Buru IPTU Andre Yusri, S.H bersama KSOP Kecamatan Buru Burhanuddin di dampingi oleh Dishub Kecamatan Buru beserta agen pelayaran, melaksanakan pemeriksaan dokumen kapal dan juga surat ijin berlayar kapal yang di keluarkan oleh Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Karimun dan peralatan keselamatan di kapal berupa life jaket dan ring bouy.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi hal lebih buruk jika terjadi kecelakaan laut, dimana saat ini cuaca sangat ekstrim dan akan mendekati musim Utara yang menimbulkan gelombang tinggi disertai angin kencang.

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano, S.I.K, S.H melalui Kapolsek Buru AKP Andri Yusri, S.H menuturkan bahwa sesuai dengan undang undang pelayaran No 17 Tahun 2008 setiap kapal wajib memiliki surat ijin berlayar saat sedang berlayar selain itu juga setiap terjadi perpindahan kapal dari Satu Tempat ke tempat lainnya juga harus di lengkapi dengan Surat Persetujuan Olah gerak Kapal, serta dilengkapi dengan alat keselamatan.

Beliau juga menambahkan personel Polsek Buru juga memberikan himbauan agar saat melakukan pelayaran dilaut tetap waspada mengingat saat ini cuaca sangat ekstrim, tidak melakukan oper kapasitas yang mengakibatkan kurangnya keseimbangan sehingga mudah mengalami kecelakaan.

Kiriman: rama

FANINDO

Honda Capella